Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cara untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

. Kesehatan tubuh adalah sesuatu yang berharga. Hal ini tercermin dari kemudahan tiap-tiap orang untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan berarti, pola hidup yang baik dan sehat, serta kemudahan sistem imunitas untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Sistem imunitas atau kekebalan tentunya dibentuk dari berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Zat-zat tersebut bisa berasal dari makanan ataupun vaksinasi. Untuk memperoleh imunitas yang baik, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ulasannya.

 Cara-untuk-meningkatkan-sistem-kekebalan-tubuh

Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pertama adalah mengonsumsi buah dan sayur. Sudah tak diragukan lagi bahwa dua jenis makanan ini sangatlah penting sebagai asupan nutrisi tubuh kita. Sistem imunitas yang baik dapat terbentuk dari sebuah sistem kekebalan yang dibangun dari asupan nutrisi ini. Beberapa buah dan sayur yang dapat dijadikan sebagai pilihan tepat untuk konsumsi sehari-hari misalnya ubi jalar, buah berry, jamur, wortel, bawang putih, bayam, dan buah kiwi. Tentunya berbagai bahan makanan tersebut kaya akan vitamin dan zat penting lainnya yang mampu menjadikan tubuh lebih sehat serta kebal terhadap beragam ancaman penyakit yang berasal dari luar. Vitamin A yang terdapat pada ubi jalar, dan wortel, dihasilkan melalui senyawa beta karoten yang berperan penting melawan penyakit, seperti penyakit yang ringan, contohnya pilek atau flu. Kemudian vitamin C dan E, yang bisa didapatkan dari konsumsi buah berry juga mampu meningkatkan sistem imunitas.  Selain itu, bayam yang sudah sangat terkenal dengan kandungan gizi yang cukup lengkap mampu menghasilkan mineral, zat besi, dan tembaga untuk sistem kekebalan tubuh. Bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A, C, E, K, beta karoten dan asam folat. Vitamin E juga bisa ditemukan pada kiwi sebagai nutrisi yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri dan virus. Lalu, siapa yang menyangka bahwa bawang putih dan jamur bukan hanya sekedar bahan makanan? Tenyata bawang putih dan jamur bisa bermanfaat untuk menghambat dan melawan penyakit.

Di samping mengonsumsi makanan bergizi, tentunya kita juga perlu menerapkan pola hidup sehat yang lain, seperti berolahraga teratur, juga istirahat cukup. Itulah beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Mari pahami dan terapkan agar tubuh tetap sehat dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top