Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Info Kesehatan: Efek Negatif Tidur Dengan Lampu Menyala

Info Kesehatan: Efek Negatif Tidur Dengan Lampu Menyala

. “Jangan takut akan gelap, karena gelap akan melindungi kita” Sepenggal kalimat tersebut merupakan sebuah lirik lagu yang sering kita dengar. Saat tidur, setiap orang memiliki cara mereka masing-masing untuk membuat mereka nyaman. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan cahaya lampu. Ada 2 cara yang sering dilakukan setiap orang seperti tidur dengan lampu menyala dan tidur dengan lampu yang dimatikan. Namun, banyak orang lebih memilih untuk tidur dengan lampu yang menyala karena beberapa alasan seperti takut akan gelap. Tanpa disadari, lampu yang menyala saat tidur menyebabkan banyak efek negatif pada kesehatan kita. Berikut ini beberapa efek negatif tidur dengan lampu menyala:

Efek-negatif-tidur-dengan-lampu-menyala

–       Menghambat produksi hormon Melatonin
Lampu yang menyala terang dapat menyebabkan berbagai efek negatif pada tubuh seperti menghambat proses produksi hormon melatonin. Hormon melatonin memiliki peran yang sangat penting pada tubuh karena hormon ini digunakan untuk kekebalan tubuh. Karena itu, cahaya lampu yang terang dapat menyebabkan produksi hormon melatonin menjadi kurang dan menyebabkan datangnya beberapa penyakit yang membahayakan seperti kanker payudara dan kanker prostat.

–       Merangsang pembentukan sel kanker
Tidur dengan lampu yang menyala terang bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jika anda tidak menginginkan hal tersebut, anda harus menghentikan kebiasaan tidur dengan lampu yang menyala terang. Anda harus memulai untuk tidur dengan lampu dimatikan. Efek buruk tersebut akan datang dalam waktu yang panjang. Karena, efek penyakit ini biasanya tidak datang secara langsung melainkan datang pada saat sel-sel kanker sudah menumpuk dalam tubuh manusia. Karena itu, kebiasaan tidur dengan lampu yang dimatikan harus dilakukan segera agar mencegah tumbuhnya beberapa sel kanker yang mematikan.

Meningkatkan resiko penyakit kanker
Efek negatif tidur dengan lampu menyala yang terakhir adalah meningkatnya resiko penyakit kanker dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kurangnya hormon melatonin menyebabkan  tubuh mudah terserang oleh berbagi penyakit terutama sel-sel kanker. Karena itu, kebiasaan tidur dengan lampu menyala harus dihentikan karena hal tersebut tidak membawa hal positif melainkan hal negatif yang bisa merusak kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top