Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Informasi Kesehatan: Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Informasi Kesehatan: Penyebab Serangan Jantung Mendadak

. Salah satu penyebab kematian yang paling dahsyat adalah serangan jantung. Hal ini karena jantung adalah organ tubuh yang sangat sensitif bagi kehidupan makhluk hidup. Ketika jantung sudah mulai melemah, keseimbangan kerja organ lain akan terhambat karena peredaran darah tidak berjalan maksimal. Lalu, ketika jantung sudah berhenti berdetak, maka artinya anda telah kehilangan nyawa. Sebab itu, anda harus selalu waspada dengan mempelajari penyebab serangan jantung mendadak sehingga bisa menghindarinya di kemudian hari.

penyebab-serangan-jantung-mendadak

  • Darah tinggi

Gangguan yang memiliki nama lain hipertensi ini merupakan faktor penting yang banyak membuat seseorang menjadi berpenyakit jantung. Hal ini karena ketika tekanan darah sedang naik, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompanya agar jumlah yang berada di dalam bilik jantung tidak over load. Cara mencegahnya, anda bisa usaha untuk menstabilkan emosi, karena ia dapat memicu naiknya tekanan darah. Lakukanlah terapi yoga secara rutin untuk melatih kesabaran dan mengatur luapan emosi.

  • Kolesterol Jahat yang Tinggi

Dalam beberapa hal, kolesterol pasti dibutuhkan oleh tubuh. Namun, bila jumlahnya terlalu banyak, tentu keseimbangan kesehatan tubuh akan terganggu juga. Salah satu organ tubuh yang akan terganggu oleh kadar kolesterol yang tinggi adalah jantung karena harus bekerja lebih keras. Dampak terparahnya, kolesterol bisa jadi penyebab serangan jantung mendadak. Sebab itu, anda bisa mengurangi timbunan kolesterol di dalam tubuh dengan tak memakan daging-dagingan lagi.

  • Banyak Pikiran

Orang yang memiliki banyak hal untuk dipikirkan dapat membuatnya mengidap gangguan stress. Efek dari stress sendiri beragam, bisa jadi malas makan, insomnia, dll. Dampaknya, tubuh akan menjadi lemas dan tak bergairah. Agar kondisi ini tak memicu terjadinya gangguan pada jantung, sebaiknya anda segera menenangkan diri. Hal ini bisa diusahakan dengan berendam air hangat sambil menghirup aroma terapi. Cara lain, rutinlah melakukan pijat tradisional untuk mengembalikan otot-otot yang telah mengeras akibat aktivitas sehari-hari yang melelahkan.

  • Kaget

Ketika seseorang sudah mengidap penyakit jantung lalu ia mendapatkan kabar buruk di tengah pikirannya yang sangat banyak, hal ini dapat menjadi penyebab serangan jantung mendadak. Karenanya, anda harus lebih berhati-hati dalam bersikap dan berucap pada orang yang berpenyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top