Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Ini Dia Manfaat Bawang Putih Untuk Kolesterol!

Ini Dia Manfaat Bawang Putih Untuk Kolesterol!

. Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia.  Kolesterol sendiri merupakan suatu komponen lemak yang terdapat di pembuluh darah baik pada hewan maupun manusia. Sebenarnya kolesterol sangat bermanfaat untuk tubuh anda karena kolesterol merupakan sumber energi, membantu membentuk dinding sel tubuh dan juga sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol akan bermanfaat jika dalam batas normal dan yang menimbulkan penyakit adalah ketika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi normal. Hal ini sebenarnya dapat anda atasi dengan bahan yang sangat mudah anda dapatkan, yaitu bawang putih karena memang menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat bawang putih untuk kolesterol ternyata cukup efektif.

manfaat-bawang-putih-untuk-kolesterol

Berbicara mengenai kolesterol, perlu anda ketahui bahwa dalam tubuh terdapat dua macam kolesterol yaitu kolesterol jahat yaitu LDL dan juga kolesterol baik yaitu HDL. Prinsip pengobatan yang dilakukan pada penderita kolesterol sebenarnya hanya menekan pembentukan LDL dan merangsang pembentukan HDL sehingga kadar LDL dalam tubuh menurun. Hal ini pun sama halnya dengan bawang putih yang juga ternyata mampu menekan pembentukan LDL sehingga anda pun dapat memanfaatkan bahan yang merupakan bumbu dapur ini.

Manfaat bawang putih untuk kolesterol memang sudah tiidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan beredarnya di pasaran beberapa produk yang menggunakan bahan dasar bawang putih sebagai obat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, jika anda ingin mengambil manfaatnya secara optimal, anda pun dapat melakukan pengobatan sendiri dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Selain efektif, anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk pengobatan anda.

Banyak hal yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol, salah satunya yaitu pola makan anda. Perlu anda ketahui bahwa dalam tubuh manusia, kolesterol sudah diproduksi secara alami sebanyak 80% sehingga yang perlu anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan kolestero hanya sekitar 20%. Hal inilah yang sering kurang diketahui masyarakat dan mereka cenderung makan makanan yang dapat menimbulkan kolesterol tinggi tanpa mengetahui kebutuhan kolesterol tubuh dan juga kandungan kolesterol dalam makanan tersebut.

Selain karena pola makan, kadar kolesterol semakin meningkat pun dikarenakan anda kurang melakukan aktivitas fisik yang dapat memicu pembentukan energy dari hasil perombakan kolesterol. Akibatnya terjadi penumpukan kolesterol dalam tubuh anda.

Itulah uraian singkat mengenai manfaat bawang putih untuk kolesterol dan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top