Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Ini Dia Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi!

Ini Dia Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi!

. Penyebab penyakit kuning pada bayi dapat disebakan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dapat berasal dari ibu itu sendiri (gen) ataupun karena asupan selama hamil. Penyakit kuning umumnya dialami saat bayi baru lahir. Hal ini mencapai kemungkinan 60% pada kelahiran bayi. Penyakit kuning menyebabkan bayi mengantuk dan malas menyusu. Penyakit kuning pada bayi disebabkan oleh kandungan biribulin dalam bayi itu sendiri dan kemampuan metabolisme hati si bayi.

penyebab-penyakit-kuning-pada-bayi

Bayi prematur terkena resiko penyakit kuning lebih tinggi dibanding bayi yang tidak prematur. Namun beberapa faktor, tidak hanya kelahiran prematur yang menyebabkan penyakit kuning pada bayi. Satu dari kelahiran 2 bayi terkena resiko penyakit kuning.

Berikut penyebab penyakit kuning yang terjadi pada bayi :

  • Kadar biribulin

Biribulin adalah senyawa pigmen berwarna kuning yang merupakan hasil metabolisme enzimatik oleh biliverdin reduktase. Kadar biribulin pada bayi sangat mempengaruhi seorang bayi dapat terkena penyakit kuning. Penyebab penyakit kuning pada bayi yang utama adalah kadar biribulin. Untuk bayi prematur dikarenakan kemampuan hati memetabolisme belum maksimal (organ belum sempurna). Dalam keadaan normal, biribulin dibawa ke hati, dibuang ke usus dan dikeluarkan melalui urin. Jika proses pembuangan biribulin terganggu, dapat menyebabkan resiko penyakit kuning. Selain itu dengan tingginya kadar biribulin menyebabkan biribulin pecah dan bercampur dengan darah. Akibatnya memicu penyakit kuningdengan ciri tubuh dan mata kekuningan.

  • Keturunan

Bila sang ibu mempunyai riwayat penyakit kuning, hepatitis atau liver maka bayi akan mempunyai resiko besar terkena penyakit hati.

Selain kadar biribulin yang tinggi, pemberian ASI yang kurang optimal pada bayi menjadi salah satu penyebab penyakit kuning pada bayi. Dalam ASI, terkandung senyawa colustrum yang dapat membantu memecah biribulin sehingga penyakit kuning dapat dicegah. Menjemur bayi juga dipercaya dapat menghilangkan penyakit kuning pada bayi.

Berikut beberapa pengobatan penyakit kuning pada bayi :

  • Penyinaran

Bila bayi anda terkena penyakit kuning setelah dilahirkan, ini berarti kadar biribulin pada bayi anda tinggi. Biasanya pengobatan penyakit kuning pada bayi seperti itu dilakukan dengan penyinaran. Penyinaran dilakukan dengan fototerapi sinar ultraviolet untuk memecah biribulinnya.

  • Menjemur bayi

Menjemur bayi juga dapat mencegah penyebab penyakit kuning pada bayi. Waktu yang tepat menjemur bayi yaitu sebelum jam 9. Sinar ultraviolet pada matahari dapat membantu liver menurunkan kadar biribulin.

Bagi ibu hamil, pencegahan perlu dilakukan sejak dini agar bayi anda tidak terkena penyakit kuning. Pencegahan dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi dan minum susu dengan rutin selama hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top