Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Ini Dia Tips Cara Menyimpan Asi Yang Benar

Ini Dia Tips Cara Menyimpan Asi Yang Benar

cara-menyimpan-asi-yang-benar. Cara menyimpan ASI yang benar dapat anda lakukan jika anda mengikuti secara tepat beberapa tahap-tahapannya. Karena yang namanya ASI memang rentan terhadap kerusakan sehingga perlu perlakuan khusus agar tetap dapat dikonsumsi oleh buah hati anda.

Pada dasarnya memang  sebaiknya ASI tidak melalui tahap penyimpanan, jadi bayi akan memperoleh ASI langsung dari sang ibu. Namun, seringkali kesibukan membuat sang ibu harus memyimpan ASI sebagai stok untuk beberapa waktu. Bagi anda seorang ibu yang saat ini tengah memiliki bayi yang masih membutuhkan asupan ASI, sebaiknya memang anda mengetahui bagaimana menyimpan ASI yang benar sehingga ASI yang anda berikan tidak memberikan dampak yang buruk untuk anak anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada anda khususnya para ibu menyusui mengenai cara menyimpan ASI yang benar. Jika anda tertarik dan merasa membutuhkan info ini, silahkan anda simak uraian berikut ini. Namun sebelum mengikuti tips menyimpan ASI yang benar, sebiknya anda pastikan bahwa tempat yang anda gunakan untuk menyimpan pun benar. Usahakan untuk menyimpan ASI di tempat yang terbuat dari kaca atau beling yang sebelumnya telah anda cuci dengan air panas dan juga sabun hingga bersih. Jika perlu, lakukan langkah sterilisasi dengan merebus botol tersebut untuk beberapa waktu lalu keringkan secara alami. Ketika botol sudah siap, anda dapat mengikuti cara di bawah ini.

Cara menyimpan ASI yang benar :

  1. Simpan ASI di suhu ruang yaitu kurang dari 25 oC jika anda ingin menggunakannnya dalam jangka waktu 6 jam.
  2. Jika anda ingin menggunakan dalam jangka waktu sekitar 4 hari, sebaiknya anda menyimpan ASI dalam lemari pendingin dengan suhu 4 oC dan pastikan bahwa suhu selalu terkontrol.
  3. Jika anda ingin bepergian dalam waktu yang relative lama sekitar 2 minggu, anda dapat menyimpan ASI dalam suhu -15 oC, tepatnya anda simpan di freezer.

Selain anda perlu memperhatikan mengenai bagaimana menyimpan ASI yang benar, anda juga harus memperhatikan mengenai cara menyajikan ASI yang benar. Jika ASI telah beku, sebaiknya anda keluarkan dari freezer kemudian anda simpan di kulkas selama 4 jam atau anda dapat melakukannya dengan menyiram botol tempat menyimpan ASI yang masih tertutup rapat dengan air dingin yang mengalir dari kran. Ketika ASI mulai mencair, gunakan air hangat untuk menyiram botol tersebut. Jangan sampai dalam penyajiannya anda membiarkan ASI di suhu ruangan karena hal ini dapat merusak ASI.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai cara menyimpan ASI yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top