Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Kandungan Garam Pada Biskuit Manis Ganggu Kesehatan Anak

Kandungan Garam Pada Biskuit Manis Ganggu Kesehatan Anak

. Kecintaan anak-anak pada biskuit manis memang sulit sekali dihentikan. Namun, siapa sangka bahwa dibalik rasa manis dari biskuit tersebut ternyata mengandung banyak garam.

Kandungan-Garam-Pada-Biskuit-Manis-Ganggu-Kesehatan-Anak

Di balik rasanya yang enak, gurih dengan tekstur renyah lembut, biskuit manis dengan lapisan cokelat ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Diketahui bahwa adanya kadar garam yang terdapat dalam biskuit jauh lebih banyak ketimbang popcorn asin serta nugget ayam.

Dengan demikian, risiko buruk bagi kesehatan juga akan muncul. Mulai dari tekanan darah cepat meningkat hingga dapat menimbulkan risiko mengalami gejala stroke ketika dewasa. Bahkan, angka kematian karena stroke terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Consensus Action of Salt and Health (CASH) mengutarakan pendapat bahwa tanpa disadari banyak sekali anak-anak yang mendapatkan asupan garam dari makanan yang telah dioleh, seperti biskuit. Mereka telah melakukan penelitian terhadap 110 biskuit populer di Inggris, baik biskuit dengan rasa manis atau biskuit yang terasa asin.

Hasilnya mengejutkan karena beberapa merk biskuit ternama yang dijual di pasaran ternyata memiliki kandungan garam yang tinggi. Diketahui ada sekitar 0,4 gram garam per 25 gram jumlahnya per kemasan. Dan kandungan garam tertinggi terdapat di dalam biskuit susu yang dilapisi dengan cokelat.

Nah, bayangkan jika anak-anak memakan 46 bungkus biskuit pertahunnya, maka mereka akan berisiko terkena tekanan darah tinggi ketika beranjak dewasa. Untuk itulah, dalam upaya pencegahan, beberapa kelompok kesehatan memberikan peringatan kepada para produsen makanan untuk mengurangi kandungan garam pada produk.

Selain itu, dihimbau juga kepada produsen biskuis untuk mengurangi ukuran biskuit serta tidak menambahkan garam pada produk biskuitnya. Kadang-kadang, perusahaan makanan sering menambahkan natrium bikarbonat yang meningkatkan asupan garam.

Untuk itulah, sebagai orang tua, anda harus lebih memperhatikan asupan makanan yang dimakan oleh buah hati anda. tentunya anda tidak menginginkan anak anda terserang penyakit di kemudian hari bukan? Oleh karena itu, mulai saat ini kurangilah asupan biskuit untuk anak-anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top