Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Khasiat Buah Mentimun

Khasiat Buah Mentimun

. Mentimun atau yang biasa disebut ketimun adalah salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Mentimun biasa digunakan sebagai lalapan campuran masakan, atau acar. Nah, tahukah anda bahwa ternyata mentimun mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh? Jika tidak, maka anda bisa melihat ulasannya di bawah ini.

khasiat-buah-mentimun

  • Menurunkan tekanan darah

Mentimun mengandung potassium, magnesium dan serat yang dapat menjaga tekanan darah dengan normal.

  • Melawan kanker

Kandungan lariciresinol, secoisolariciresinol, pinoresinol yang ada di dalam mentimun mampu mengurangi risiko sejumlah jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat, dan kanker rahim.

  • Meringankan rematik dan asam urat

Mentimun mengandung vitamin A, B1, B6, C & D, Kalsium, Folat, Magnesium, dan Kalium. Jika anda mencampurnya dengan jus wortel, maka anda dapat meredakan encok serta nyeri arthritis.

  •  Menyembuhkan diabetes

Jus mentimun memiliki kandungan hormone yang diperlukan sel-sel pancreas untuk memproduksi insulin.

  •  Mengurangi kolesterol

Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa senyawa (sterol) yang terkandung dalam mentimun mampu mengurangi kadar kolesterol.

  •  Fungsi pencernaan

Berbagai masalah pada pencernaan seperti gastritis keasaman, maag, dan tukak dapat disembuhkan dengan hanya mengkonsumsi mentimun. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat alami yang dapat meningkatkan dan melancarkan pencernaan.

  •  Menjaga kesehatan sendi

Mentimun mengandung silica yang berfungsi untuk menjaga jaringan sendi agar tetap berada pada kondisi yang baik.

  •  Membunuh cacing pita

Biji mentimun ternyata berkhasiat. Jadi, mulai sekarang jangan membuangnya karena tahukah anda bahwa ternyata biji mentimun mampu membunuh cacing pita yang terdapat di dalam usus serta obat alami untuk antiinflamasi yang dapat mengobati terjadinya pembengkakan tenggorokan dan selaput lendir.

  •  Perawatan ginjal

Mentimun dapat meringankan masalah ginjal dan kandung kemih. Kandungan air yang terdapat dalam mentimun dapat membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi.

Itulah berbagai manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Banyak sekali bukan manfaatnya? Semoga saja bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top