Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Khasiat Kulit Manggis Untuk Keputihan Pada Wanita

Khasiat Kulit Manggis Untuk Keputihan Pada Wanita

KonsultasiSehart.com. Khasiat kulit manggis untuk keputihan mungkin banyak diantara anda yang belum mengetahuinya. Bahan alam menyimpan sejuta khasiat yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan. Akhir-akhir ini, mulai marak pengobatan dengan kulit manggis sebagai bahan aktifnya. Keputihan merupakan penyakit yang banyak dialami oleh wanita baik remaja maupun ibu-ibu. Rasa tidak nyaman dan bau yang mungkin muncul membuat kurang percaya diri.Kulit manggis yang dinilai tidak bermanfaat dan dibuang begitu saja ternyata mengandung banyak zat aktif yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya untuk mengobati keputihan.

khasiat-kulit-manggis-untuk-keputihan

Selain berkhasiat untuk keputihan, kulit manggis juga banyak digunakan untuk pengobatan lainnya seperti anti kanker, penyakit kulit, dan antibakteri. Kulit manggis berkhasiat untuk keputihan dikarenakan sifatnya yang mampu sebagai anti bakteri dan anti jamur.

Sebelum mengenal khasiat kulit manggis untuk keputihan, kami akan sedikit mengulas tentang keputihan. Keputihan adalah infeksi yang terjadi pada daerah kewanitaan. Keputihan sebenarnya tidak berbahaya namun bergantung pada gejala yang ditimbulkan. Keputihan dapat menjadi gejala suatu penyakit. Keputihan yang normal adalah yang tidak berbau dengan warna putih atau bening. Namun keputihan yang sudah menjadi gejala suatu penyakit bila muncul rasa gatal, nyeri dan muncul bau tidak sedap serta warna keputihan yang kekuning-kuningan. Beberapa faktor dapat menjadi pemicu munculnya keputihan seperti stres, kurangnya menjaga kebersihan organ kewanitaan, penggunaan obat tertentu seperti pil KB, obat hormonal dan disebabkan oleh infeksi jamur.

Kulit manggis berkhasiat untuk keputihan dikarenakan kandungan kimia di dalamnya. Kandungan tersebut beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis antara lain:

Lemak, protein, serat, vitamin C, vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6), kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, dan kandungan sebagai antioksidan seperti tanin, xanthone, antosianin dan asam fenolat.

Penggunaan kulit manggis untuk mengobati keputihan sangat mudah. Anda dapat membuat ramuan kulit manggis. Caranya, cuci bersih kulit manggis. Kupas bagian luarnya, sehingga tersisa daging kulitnya. Keringkan kulit manggis dengan cara dijemur atau dioven. Kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula batu dan madu untuk menghilangkan rasa pahit dan getirnya. Untuk khasiat yang lebih optimal, campurkan kulit manggis dengan daun sirsak. Daun sirsak yang sudah kering, diseduh bersama kulit manggis. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari. Cara yang mudah bukan, untuk mendapatkan khasiat kulit manggis untuk keputihan?

Untuk mendapat khasiat kulit manggis untuk keputihan, minum secara rutin dan jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top