Kabar Sehat
You are here: Home / Kecantikan / Kulit Anda Berminyak? Ikuti Tips Di Bawah Ini

Kulit Anda Berminyak? Ikuti Tips Di Bawah Ini | Kulit Anda Berminyak? Ikuti Tips Di Bawah Ini

. Kulit yang mengeluarkan minyak berlebihan memang seringkali menjadi hal yang menjengkelkan. Banyak yang melakukan perawatan hanya untuk mengurangi minyak-minyak berlebihan. Akan tetapi, tahukah anda, dengan perawatan yang salah malah ternyata akan mengakibatkan keadaan kulit yang semakin mengkilap. Pada umumnya, kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit. Akan tetapi, dengan kulit berminyak yang berlebihan akan menjadi masalah yang menjengkelkan dan mengganggu penampilan, terutama di bagian wajah. Tidak hanya itu saja, kulit berminyak juga dapat mengakibatkan permasalahan kulit yang lainnya, misalnya komedo dan jerawat.

Kulit-Anda-Berminyak-Ikuti-Tips-Di-Bawah-Ini

Secara ilmiah, minyak di wajah tersebut adalah senyawa alami yang dihasilkan dari dalam tubuh, yang biasa dikenal dengan sebum. Sebum sendiri keberadaannya memang diperlukan oleh kulit. Sebum mampu menjaga kelembaban alami jika berada dalam jumlah tepat. Akan tetapi, jika sebum tersebut diproduksi secara berlebihan maka aka menimbulkan penyumbatan pada pori-pori. Jika penyumbatan tersebut terkontaminasi dengan debu maka akan menyebabkan timbulnya jerawat di bagian wajah serta komedo.

Mengatasi minyak yang berlebih memang bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, sebenarnya keuntungan kulit berminyak adalah kurang rentannya terhadap penuaan diri dikarenakan minyaknya melindungi agar tetap lentur. Untuk merawat kulit berminyak memang memerlukan perhatian khusus. Namun, jika anda tidak ingin menggunakan perawatan-perawatan yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya mahal, anda bisa menerapkan metode-metode sederhana di bawah ini :

  • Selalu menjaga kebersihan kulit

Biasakanlah membersihkan wajah yang berminyak dengan facial wash ringan sebanyak dua kali sehari. Akan tetapi, jika kulit berminyak tersebut menimbulkan bintik-biktik, maka anda bisa menggunakan obat yang bersifat antiseptic dan antibakteri.

  •  Hindari peggunaan air panas

Penggunaan air yang memiliki suhu terlalu panas pada wajah ternyata dapat memproduksi minyak lebih banyak pada kulit. Untuk itulah, setelah membersihkan wajah anda, gunakan toner untuk menutup pori-pori.

  •  Pakai pelembab khusus

Gunakanlah pelembab bebas minyak dengan tujuan untuk melindungi permukaan.

  • Scrubbing
  • Gunakan scrub wajah setidaknya dua kali seminggu untuk mencegah penyumbatan pori-pori. Penting diterapkan di daerah sekitar dagu yang sering terdapat sel kulit mato.

Nah, bagaimana? Mudah sekali bukan cara-cara untuk mengatasi kulit berminyak yang berlebihan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top