Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Langkah-langkah Memberikan Pertolongan Pertama Serangan Jantung Ringan

Langkah-langkah Memberikan Pertolongan Pertama Serangan Jantung Ringan

. Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting, karena tanpa adanya jantung manusia tidak akan bertahan hidup. Jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik yakni memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga oksigen dapat masuk ke dalam tubuh untuk menjalankan proses metabolisme. Serangan jantung adalah pembunuh manusia yang sewaktu-waktu dapat terjadi karena dipicu oleh pecahnya plak dalam pembuluh darah arteri koroner dan menyebabkan pembekuan darah serta arteri menjadi tersumbat. Sumbatan ini menyebabkan otot jantung yang membutuhkan suplai dari arteri menjadi mati.  Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama serangan jantung ringan yang tiba-tiba terjadi pada seseorang di sekitar kita.

pertolongan-pertama-serangan-jantung-ringan

Jika seseorang mengalami serangan jantung, maka hal-hal yang dilakukan ialah membantu ia untuk duduk ataupun berbaring, kemudian menelepon nomor darurat untuk meminta pertolongan rumah sakit maupun anggota keluarga lainnya. Selain itu, langkah cepat untuk memberikan pertolongan pertama serangan jantung ringan ialah dengan memberikan aspirin pada saat posisi duduk karena dapat menghambat penggumpalan darah dan membantu darah tetap mengalir ke aspirin. Perlu diketahui bahwa mengunyah aspirin pada saat serangan jantung dapat menurunkan risiko kematian hingga 25 persen. Selain itu, mengunyah dianggap lebih cepat terserapnya obat ke pembuluh darah daripada meminumnya dengan menggunakan air putih. Selanjutnya bantu penderita untuk mengatur nafas dalam-dalam untuk membantu jantung berdenyut normal.

Sangat disarankan untuk penderita jantung agar selalu membawa obat-obatan yang telah diberikan dokter. Pertolongan yang cepat dapat mencegah kerusakan serius pada jantung dan memungkinkan pasien untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, langkah-langkah memberikan pertolongan pertama serangan jantung ringan harus dipelajari terutama oleh keluarga dekat si penderita penyakit jantung. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan  besar di beberapa hari kemudian. Untuk itu kita lebih baik mencegah lebih awal sebelum datangnya serangan jantung hebat. Pola hidup sehat juga sangat dibutuhkan seperti rutin berolahraga, makan makanan bergizi dan sehat, serta menghindari polusi yang mungkin dapat masuk dan ke tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top