Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Macam-macam Jenis Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Macam-macam Jenis Penyakit Jantung dan Pencegahannya

. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit dengan resiko kematian yang tinggi. Hal ini karena jantung adalah pusat dari kehidupan manusia. Ketika jantung tak lagi berdetak, maka darah tidak akan mengalir dan beredar lagi, dan itu artinya sudah tidak ada nyawa di dalam tubuh manusia. Untuk mencegah terjangkitnya anda dari penyakit jantung, baca dan pahamilah beberapa jenis penyakit jantung dan pencegahannya berikut ini.

jenis-penyakit-jantung-dan-pencegahannya

  • Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jenis ini disebabkan oleh adanya penimbunan lemak dan atau kolesterol di dalam organ jantung. Bentuk penyakitnya adalah dinding arteri jantung akan mengalami penebalan, sehingga darah tidak dapat beredar dan bahkan bisa menyebabkan kematian ketika jantung tersumbat jika penebalan sudah sangat parah. Untuk itu, lakukan pencegahan sejak dini dengan tidak mengkonsumsi kolesterol dan lemak jahat dalam jumlah yang berlebihan. Jika anda sudah menyadari akan adanya timbunan koleseterol dan lemak di dalam tubuh, segeralah melakukan diet dengan terlebih dulu berkonsultasi pada dokter ahli.

  • Kelainan Katup Jantung

Penyakit jantung yang lain adalah kelainan katup jantung. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh faktor kelainan genetik, sehingga pengidap kelainan katup jantung akan diketahui sejak lahir oleh dokter (bila bersalin di rumah sakit). Kelainan ini bisa berbentuk katup yang terlalu kecil, katup yang tidak menutup sempurna, serta katup yang bocor. Ketika seseorang mengidap kelainan katup jantung, maka kinerja organ tubuh yang lain akan terganngu. Oleh karena itu, anda bisa melakukan penyembuhan dengan cara operasi atau mengkonsumsi obat-obatan herbal yang bisa memperbaiki organ katup tersebut.

  • Penyakit Gagal Jantung

Penyakit ini berbentuk kegagalan jantung dalam menjalankan tugasnya untuk memompa darah agar beredar ke seluruh tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh jantung yang kurang kuat serta faktor kelainan genetik. Ketika tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang baru, maka sari-sari makanan yang diedarkan melalui darah tidak dapat tersuplai secara maksimal. Itulah salah satu jenis penyakit jantung dan pencegahannya bisa dengan melakukan olahraga secara rutin agar jantung dan organ tubuh lainnya dapat terlatih menjadi kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top