Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Makanan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil

Makanan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil

. Kehamilan merupakan hal yang selalu ditunggu bagi anda pasangan suami istri terutama bagi anda yang mungkin saat ini masih sebagai pengantin baru. Namun, perlu anda ketahui bahwa yang namanya ibu hamil memang berbeda halnya dengan anda yang belum hamil, karena dari segi nutrisi tentunya memang harus lebih anda perhatikan. Bagaimana tidak? Makanan yang anda makan akan mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam kandungan anda. Tidak terkecuali yaitu kalsium yang juga tidak kalah penting untuk tubuh ibu hamil dan untuk itu sebaiknya anda mengetahui beberapa jenis .

makanan-sumber-kalsium-untuk-ibu-hamil

Kalsium dalam tubuh ibu hamil memang sangat penting. Selain untuk membantu dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi janin anda, kalsium juga dapat menghindarkan anda ibu hamil dari resiko terkena penyakit pengeroposan tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis. Hal ini terjadi karena ketika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak terpenuhi, maka untuk perkembangan janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu hamil tersebut. Nah, untuk itu, memang ibu hamil sangat rentan terhadap resiko terjadinya osteoporosis.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada anda mengenai beberapa jenis makanan sumber kalsium untuk ibu hamil. Apabila anda tertarik atau anda salah satu ibu hamil yang sedang mencari referensi mengenai hal tersebut, silahkan anda simak uraian berikut ini.

Makanan sumber kalsium untuk ibu hamil :

  • Keju

Keju merupakan produk olahan dari susu yang memang mengandung kalsium cukup tinggi. Oleh karena itu, anda sebagai ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi keju terutama keju jenis parmesan yang memang mengandung kalsium lebih tinggi jika dibandingkan dengan keju jenis lainnya.

  • Sarden

Sarden yang berbahan dasar beberapa jenis ikan laut memang dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh hingga 33 persen. Oleh karena itu, sebaiknya anda konsumsi sarden minimal 1 kali dalam seminggu.

  • Kacang almond

Perlu anda ketahui bahwa dalam kacang almond mengandung kalsium 70 hingga 80 mg dan selain itu, dalam kacang ini pun mengandung vitamin E yang cukup tinggi.

  • Bayam dan brokoli

Bayam dan brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang memang cukup efektif dalam memenuhi kebutuhan kalsium. Jenis kalsium yang terkandung dalam sayuran hijau merupakan kalsium terbaik sehingga sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil.

  • Kacang kedelai

Untuk kandungan kalsium dalam kacang kedelai ini cukup tinggi yaitu hingga 350 mg.

  • Yoghurt

Tidak ada bedanya dengan keju bahwa yoghurt merupakan produk olahan susu dan hanya berbeda pada proses pengolahannya. Dalam yoghurt ini mengandung kalsium hingga 415 mg.

Demikian beberapa uraian yang dapat kami berikan mengenai makanan sumber kalsium untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top