Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Makanan Yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Tifus

Makanan Yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Tifus

. Penanganan penyakit tifus memang membutuhkan ketaletan serta kesabaran yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan durasi yang cukup lama yang dilewati oleh penyakit ini untuk bisa sembuh secara total. Tidak sampai disitu, penderita tifus juga harus menghindari berbagai pantangan untuk menghindari terjadinya penyakit yang lebih parah. Dari situlah, dapat disimpulkan bahwa penderita tifus memang harus ditangani dengan perhatian yang ekstra.

Makanan-yang-perlu-dihindari-oleh-penyakit-tifus

Nah, jika anda memiliki kerabat dan keluarga yang menderita tifus, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah makanan. Ada banyak makanan yang harus dihindari oleh si penderita tifus. Makanan yang harus dihindari sangatlah mudah karena sebenarnya si penderita tifus hanya diberikan makanan seperti bubur nasi atau bubur buah manis yang sudah diencerkan. Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh si penderita karena jika dilanggar maka akan memberikan efek negatif pada perut penderita, terutama pada bagian usus yang tengah bermasalah. Selain itu, penderita tifus juga harus beristirahat yang cukup dan tidak boleh banyak bergerak. Sementara itu, makanan-makanan yang dilarang dan harus dihindari oleh penderita tifus, antara lain :

  • Makanan pedas

Makanan pedas menjadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita tifur karena akan membuat organ-organ pencernaan panas. Nah, luka yang terjadi pada bagian usus yang ditimbulkan oleh bakteri Salmonella typhi selama sakit tifus jika diberikan asupan yang pedas akan menimbulkan terjadinya pembengkakan bahkan yang lebih parah pendarahan.

  • Makanan berlemak

Makanan yang berlemak lebih lama dicerna oleh tubuh ketimbang makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Hal tersebut dikarenakan adanya ikatan kimia lemak yang bernilai lebih kompleks serta karena pencernaan lemak baru terjadi pada usus dan tidak terjadi di lambung atau mulut seperti layaknya karbohidrat. Nah, jika si penderita tifus mengkonsumsi makan-makanan yang berlemak, maka ususnya yang tengah bermasalah itu dipaksa untuk melakukan pekerjaan. Hal ini memungkinkan terjadinya pendarahan pada usus nantinya. Jika sudah seperti ini, maka si penderita pun akan mengalami sakit yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top