Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Buah nanas ternyata mengandung berbagai manfaat kesehatan yang tidak kalah hebat dengan buah-buahan seperti apel, jeruk, maupun kisah. Pada umumnya, nanas biasa diolah menjadi jus atau selai. Akan tetapi, jika anda ingin mendapatkan manfaat secara optimal, maka anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah segar.

manfaat-buah-nanas-bagi-kesehatan

Ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  • Mencegah kembung Nanas mengandung bromelain, zat ini mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung di perut. Tidak hanya itu saja, zat ini juga diklaim efektif untuk mengurangi rasa nyeri karena osteoarthritis, mengurangi peradangan usai menjalani operasi, membantu meredakan pembengkakan hidung lantaran infeksi sinusitis.
  • Membantu mencegah kanker Karsinogenik yang ada dalam buah nanas diketahui efektif untuk mengurangi risiko terkena kanker. Zat tersebut berperan penting untuk melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Jika banyak sel rusak di dalam tubuh, maka akan menimbulkan berbagai penyakit
  • Membantu kesehatan tulang. Nanas memiliki kandungan mineral-mineral penting seperti mangan dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat. Selain itu, mangan juga berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, untuk menyerap kalsium, mengatur gula darah serta menjaga fungsi saraf otak.
  • Mencegah penggumpalan darah. Manfaat lainnya dari buah nanas adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, nanas juga berperan saat memproduksi hemoglobin dalam tubuh.
  • Melawan radikal bebas. Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa vitamin C adalah antioksidan yang memiliki peran dalam membantu untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa mengurangi risiko atheroclerosis, mengurangi peradangan pada sendi, dan kanker usus besar.

Masih banyak lagi kandungan-kandungan yang terdapat dalam nanas, di antaranya adalah miner yang mampu memperkuat gusi serta gigi. Lalu, adaya betakaroten dalam nanas yang mampu meningkatkan kualitas penglihatan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi nanas. Akan tetapi, jika anda memiliki penyakit spesifik seperti alergi atau penyakit diabetes, sebaiknya konsultasilah dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi nanas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top