Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Manfaat Ubi jalar Ungu Bagi Tubuh

Manfaat Ubi jalar Ungu Bagi Tubuh

. Ubi jalar ungu biasanya sering dianggap sebagai makanan kampungan atau istilah gaulnya ndeso. Nah, tapi tahukah anda bahwa di balik itu semua, ubi jalar ungu ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat-ubi-jalar-Ungu-Bagi-Tubuh

Ubi jalar ungu memiliki banyak kandungan antara lain Cu, lisin, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Selain itu, ubi jalar ungu ini juga menjadi sumber kalori dan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin seperti vitamin A, thiamin (vitamin B1), vitamin C, dan ribloflavin. Ada juga kandungan mineral dalam ubi jalar ungu yang berupa zat besi (Fe), kalsium (Ca), dan fospor (P).

Tidak sampai di situ saja, ubi jalar ungu juga mengandung lemak, protein, abu, dan serat kasar. Adanya kandungan pigmen warna ungu dengan total bervariasi di setiap ubi yang berkisar antara

20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Diketahui total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Di bawah ini adalah khasiat yang dihasilkan ubi jalar ungu bagi kesehatan tubuh manusia :

  • antosianin pada ubi ungu sangat bermanfaat sebagai antioksidan. Nantinya, antioksidan tersebut mampu melakukan penyerapan terhadap polusi udara, oksidasi dalam tubuh juga menghambat terjadinya penggumapalan darah yang kemudian dapat berdampak baik pada kesehatan aliran darah yang menjadi lebih lancar
  • betakaroten, vit E dan C dalam ubi jalar ungu berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker serta penyakit kardiovaskuler.
  • serat dan pektin bermanfaat dalam upaya pencegahan gangguan yang terjadi pad pencernaan seperti sembelit, wasir, sembelit sampai kanker kolon.
  • antosianin ubi ungu berfungsi dalam hal fisiologis, seperti antioksidan, antibakteri, antikanker, penyakit jantung, perlindungan terhadap kerusakan hati, dan stroke.
  • Ubi jalar ungu mengandung zat selenium dan iodin yang berjumlah dua puluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan ubi lainnya, sehingga dapat menjadi pencegah kanker

Dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena banyaknya karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top