Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Maag

Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Maag

. Penyakit maag menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan. Memang penyakit ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani dan untuk itu, bagi anda yang mungkin saat ini menderita penyakit maag ada baiknya mengetahui strategi dalam mengatur pola makan bagi penderita maag.

mengatur-pola-makan-bagi-penderita-maag

Penyakit maag sendiri diartikan sebagai salah satu gangguan saluran pencernaan yang diakibatkan adanya peningkatan asam lambung. Hal ini tentunya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena asam lambung berlebih dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa. Kondisi ini muncul biasanya karena pola makan yang kurang teratur atau mungkin terlalu sering mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki rasa sangat ekstrim, misalnya terlalu asam.

Nah, jika kondisi penyakit maag anda biarkan secara teus menerus, akan memberikan dampak yang sangat berbahaya. Karena penyakit maag akut pun dapat menyebabkan anda harus menjalani operasi karena terjadinya pembengkakkan lambung  dan tentunya anda pun tidak mau jika hal ini terjadi pada diri anda atau kerabat anda bukan? Oleh karena itu, mulai saat ini biasakan untuk mengatur pola makan bagi penderita maag karena peran makanan dalam lambung sangat membantu untuk menetralisir asam dalam lambung.

Mungkin anda sering mengabaikan jika anda merasa nyeri ketika telat makan. Tetapi, anda perlu waspada, hal ini dapat menjadi salah satu gejala dari penyakit maag karena memang salah satu penyebab penyakit maag adalah karena makan tidak teratur. Untuk menjaga pola makan anda sehingga anda terhindar dari penyakit maag, ada baiknya anda menghindari jenis makanan berikut ini.

  • Makanan yang menimbulkan gas dalam lambung

Untuk jenis makanan ini memang tidak disarankan untuk anda penderita maag karena hal justru akan membuat perut anda terasa lebih nyeri. Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari adalah brokoli, kol dan lain sebagainya.

  • Minuman atau makanan yang memicu produksi asam lambung

Ada beberpa jenis makanan atau minuman yang memang dapat merangsang produksi asam lambung anda dan hal ini tentunya akan semakin memperparah kondisi anda. Beberapa jenis makanan atau minuman yang sebaiknya anda hindari adalah kopi, minuman bersoda, minuman beralkohol.

Setelah anda mengetahui beberapa jenis makanan atau minuman yang harus anda hindari, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur pola makan bagi penderita maag. Salah satunya yaitu anda harus sering makan sehingga dalam lambung anda senantiasa terdapat makanan sehingga mengurangi resiko lambung anda terluka. Selain itu, anda disarankan untuk makan atau minum yang mengandung basa. Hal ini berfungsi untuk menetralkan kandungan asam yang cukup tinggi.

Itulah uraian singkat mengenai cara mengatur pola makan bagi penderita maag. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top