Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Mengenal Efek Samping Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil

Mengenal Efek Samping Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil

. Ibu hamil memang sangatlah rentan dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman. Ibu hamil mempunyai banyak larangan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Takutnya, makanan dan minuman itu membahayakan janin dalam perut ibu. Salah satu dari pantangan tersebut adalah minuman bersoda. Hampir semua orang menyukai minuman bersoda. Minuman bersoda memang sangat menyegarkan di tenggorokan sehingga banyak digemari oleh banyak orang.  Namun, minuman bersoda dipercaya oleh masyarakat umum sebagai minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Walaupun masih diperdebatkan, efek samping minuman bersoda untuk ibu hamil masih tetap menjadi suatu hal yang membuat para ibu hamil bimbang dalam mengkonsumsinya.

efek-samping-minuman-bersoda-untuk-ibu-hamil

Minuman bersoda dipercaya mempunyai beberapa efek samping untuk ibu hamil. Salah satu efek samping minuman bersoda untuk ibu hamil adalah melemahkan imunitas. Seperti yang diketahui, minuman bersoda mengandung setara dengan 12 sendok teh gula. Sedangkan gula sebanyak itu diteliti dapat melemahkan sel darah putih yang fungsinya untuk melawan bakteri jahat dalam tubuh anda. Minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang berbeda-beda seperti sakarin dan aspartam. Penelitian menunjukkkan bahwa konsumsi sakarin pada saat hamil akan menyebabkan pada kelahiran bayi yang prematur/cacat. Bagi anda para ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman bersoda yang mengandung sakarin. Sedangkan pemanis buatan jenis aspartam memang sudah beredar dan digunakan sejak dulu. Konsumsi aspartam dalam jumlah yang kecil tidak akan mempengaruhi si janin, tapi lain halnya apabila dikonsumsi berlebihan.

Itulah berbagai efek samping minuman bersoda untuk ibu hamil. Minuman bersoda memang mempunyai lebih banyak efek negatifnya dibanding positifnya bagi ibu hamil. Minuman bersoda ini terkesan sangat menggiurkan dan menyegarkan, tetapi para ibu hamil harus ingat dengan buah hati yang ada di perut anda. Sebaiknya anda hindari minuman bersoda ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Lebih baik mengkonsumsi jus buah-buahan dan sayur-sayuran agar anda dan si janin mendapatkan gizi dan vitamin yang cukup untuk melahirkan bayi yang sehat nanti pada saatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top