Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Mengetahui Tips Merawat Anak yang Super Aktif

Mengetahui Tips Merawat Anak yang Super Aktif | tips merawat anak yang aktif

. Anak-anak berperilaku aktif itu wajar. Setiap pengalaman sensorik yang mereka peroleh dalam perkembangannya itu akan mereka respon dengan berbagai cara agar kepuasan dirinya terpenuhi. Pengalaman sensorik yang berupa penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan rasa, merupakan hal yang luar biasa untuk anak, karena bagi mereka itu merupakan hal baru. Anak yang aktif sangat mudah diketahui apa maunya, sementara anak pendiam biasanya suka membuat bingung Anda. Untuk tahu dia maunya apa karena dia sukanya diam saja atau malu untuk mengungkapkannya. Berikut tips merawat anak yang aktif agar si kecil bisa mengaplikasikan karakternya yang sangat bersemangat itu ke hal-hal yang positif.

tips-merawat-anak-yang-aktif

Anak yang aktif cenderung selalu bergerak. Mereka tidak bisa duduk diam dalam jangka waktu yang lama. Anak yang sangat aktif disebut juga anak dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Gangguan ini umumnya terjadi pada anak-anak yang berusia 7 tahun ke bawah dan tentunya untuk mengatasi masalah anak aktif ini membutuhkan kesabaran yang besar serta perhatian, khususnya dari orang tua anak yang bersangkutan. Salah satu tips merawat anak yang aktif adalah tetap melakukan komunikasi dengan si anak dan memberikan kasih sayang lebih serta perhatian akan segala tingkah laku yang dilakukannya. Selain itu, atur pemberian makanan agar anak mendapat asupan yang tepat seperti hindari penyedap maupun pemanis yang berlebihan

Persiapkan anak ketika akan melakukan aktivitas yang tidak biasa dan jelaskan apa yang akan terjadi. Diskusikan juga bagaimana cara mereka tetap tenang bahkan dengan kegembiraan yang mungkin akan mereka alami dari berbagai macam kegiatan tersebut. Anak aktif perlu dididik untuk bersikap baik, mereka bisa menjadi anak yang tahu sopan santun dan tahu kapan harus bersikap hiperaktif dan kapan harus bersikap normal atau tenang. Penjelasan di atas merupakan penjabaran mengenai tips merawat anak yang aktif agar orang tua tidak merasa kelelahan dalam mendidik tipe anak seperti itu dan juga emosi si anak dapat terkendali dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top