Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Minum Susu Setelah Makan

Minum Susu Setelah Makan

. Minum susu memang memiliki dampak yang bagus untuk tubuh anda karena dalam susu sendiri mengandung banyak senyawa yang diperlukan tubuh. Namun, seringkali anda kurang paham mengenai beberapa hal yang memang harus anda perhatikan ketika minum susu, karena berbagai kandungan yang ada dalam susu dapat memberikan efek yang tidak sesuai dengan yang anda harapkan jika dalam pengkonsumsiannya kurang benar. Lantas, sebenarnya boleh atau tidak minum susu setelah makan?

minum-susu-setelah-makan

Banyak masyarakat yang sampai saat ini ternyata belum paham mengenai waktu pengkonsumsian susu. Sebagian besar dari mereka justru memberikan susu setelah makan padahal perlu anda ketahui bahwa tidak semua makanan dapat anda kombinasikan dengan susu. Ada beberapa makanan justru akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh anda jika anda konsumsi bersama susu.

Memang sampai saat ini tidak ada larangan yang namanya minum susu setelah makan, tetapi perlu anda ketahui bahwa memang dianjurkan bagi anda untuk minum air putih jika setelah makan karena akan berdampak lebih aman. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ada efek tersendiri jika anda minum susu setelah anda makan beberapa makanan yang mungkin memiliki rasa asam, terutama pada jeruk. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi anda menambahkan susu ke dalam jus jeruk yang mungkin sudah biasa anda lakukan.

Buah jeruk mengandung asam yang cukup tinggi dan dalam susu mengandung protein yaitu kasein. Protein susu ini akan mengalami pengendapan pada pH yang rendah yang disebabkan oleh asam dari buah jeruk dan kondisi ini pun dapat membuat sistem pencernaan anda terganggu. Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus, tidak menutup kemungkinan jika anda dapat terserang diare.

Selain tidak dianjurkan minum susu setelah makan buah yang memiliki rasa asam, susu juga tidak dianjurkan dicampur ke dalam teh ataupun anda minum setelah mengkonsumsi obat-obatan. Karena protein susu yaitu kasein dapat menyebabkan penurunan fungsi dari senyawa yang ada dalam teh yaitu catechin. Padahal senyawa ini memiliki peran yang cukup penting dalam melawan penyakit jantung. Sedangkan ketika anda minum obat bersama dengan susu, justru anda tidak akan mendapatkan efek apapun dari obat tersebut. Hal ini dikarenakan senyawa obat-obatan tertentu mampu membentuk ikatan dengan protein susu sehingga membentuk senyawa kompleks yang bersifat netral. Oleh karena itu, anda tidak akan memperoleh efek terapi yang seharusnya anda dapat setelah minum jenis obat tertentu.

Melihat banyak makanan atau minuman yang harus anda hindari jika dikombinasikan dengan susu, sebaiknya untuk mencari jalan aman, jangan mengkonsumsi susu setelah makan apapun.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai resiko minum susu setelah makan. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top