Kabar Sehat
You are here: Home / Diet / Pentingkah Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Korset Agar Kembali Normal?

Pentingkah Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Korset Agar Kembali Normal? | Mengecilkan perut setelah melahirkan menggunakan korset

. Setelah melahirkan banyak ibu-ibu yang bermasalah dengan perut buncit dan tidak seperti ukuran yang semula. Mengecilkan perut setelah melahirkan menggunakan korset merupakan salah satu solusi tepat untuk ibu-ibu pasca melahirkan. Meski tersiksa dan sulit bernafas, tetapi korset banyak dipakai orang karena bisa membuat perut terlihat lebih rata. Tapi penggunaan korset juga bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Pada kenyataannya pemakaian korset yang terlalu kencang disinyalir tidak baik untuk ibu setelah melahirkan. Ada banyak ibu-ibu memakai korset atau setagen bahkan sampai di bawah payudara. Hal ini bisa mengganggu kesehatan. Apalagi korset itu menyebabkan dinding perut terdorong ke dalam. Pemakaian korset yang terlalu kencang bisa mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh, sesak napas dan akan sulit buang air besar.

Mengecilkan-perut-setelah-melahirkan-menggunakan-korset

Perut membesar setelah melahirkan adalah wajar karena otot – otot perut mengendur dan belum bisa pulih seperti semula setelah menahan bayi dan ketuban. Jadi perut tetap kelihatan buncit. Pemakaian korset dengan tujuan mengecilkan perut tidak akan efektif. Seiring berjalannya waktu, pemakaian korset membuat otot-otot punggung bagian bawah dipaksa untuk turut memberikan dukungan tambahan dan diperparah dengan ketatnya korset yang digunakan. Hal ini tentu saja membuat tulang belakang berhenti tumbuh karena tidak mendapatkan dukungan yang cukup. Oleh dari itu, mengecilkan perut setelah melahirkan dengan korset bukanlah cara yang tepat. Olahraga teratur dan pola makan yang seimbang lah yang dapat menjadikan perut kembali seperti semula.

Banyak pula risiko serius lainnya yang mungkin terjadi terutama jika penggunaannya dalam jangka waktu lama dan berkepanjangan. Pemakaian korset tidaklah dilarang, namun harus diperhatikan caranya yakni tidak terlalu kencang dan jangan sampai dinding perut tertekan ke dalam karena tubuh juga perlu beradapatasi dengan perubahan kondisi yang ada. Dengan memakai korset atau stagen setelah melahirkan beberapa orang merasa akan nyaman. Jika sudah merasa nyaman tanpa korset, korset bisa dilepas. Sehingga, perlu diketahui bahwa mengecilkan perut setelah melahirkan dengan korset tidak begitu dibutuhkan oleh para ibu. Pemakaiannya harus dibatasi sesuai dengan kebutuhan saja dan sebaiknya tidak terlalu lama karena kesehatan tubuh juga harus diperhatikan di samping penampilan perut pasca melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top