Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Penyakit Stroke: Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Stroke: Gejala dan Pengobatannya | gejala penyakit stroke dan pengobatannya

. Penyakit stroke ialah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak. Tersumbatnya pembuluh darah di otak tersebut menyebabkan matinya jaringan otak. Karena pasokan darah dan oksigen berkurang ke otak. Selain itu penyebab stroke ialah penyakit hipertensi atau biasa disebut penyakit darah tinggi, kolesterol, pengerasan pembuluh darah, diabetes, jantung, gangguan jantung, penyakit turunan, dan juga migren (pusing sebelah). Stroke sendiri dibagi menjadi dua yaitu stroke hemoragik yaitu pembuluh darah pecah dan menghambat aliran darah dan darah merembes ke dalam bagian otak dan merusaknya. Stroke iskemik yaitu penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Selain itu juga terdapat gejala penyakit stroke dan pengobatannya.

gejala-penyakit-stroke-dan-pengobatannya

Beberapa gejala penyakit stroke dan pengobatannya antara lain ialah gejalanya seperti rasa bingung mendadak dan sulit berbicara, penglihatan menjadi kabur pada satu bagian atau keduanya, kehilangan rasa pada satu bagian tubuh seperti tangan atau kaki, mendadak sulit untuk berjalan dan bergerak seperti kehilangan keseimbangan, pusing sampai ingin pingsan, dan kehilangan kesadaran mendadak. Untuk pengobatannya, dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Setelah itu dokter akan memberikan obat-obatan untuk penyembuhan stroke. Untuk yang alami bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi ekstrak daun manggis dan ekstrak daun sirsak. Kedua ekstrak itu biasanya sudah di jual di toko-toko atau di apotek-apotek dalam bentuk kapsul herbal, sehingga mempermudah untuk diminum.

Itulah beberapa gejala penyakit stroke dan pengobatannya. Tentu saja untuk penyembuhannya harus dibarengi dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan keadaan semakin parah seperti hindari merokok, stres, banyak makan makanan yang mengandung garam (dapat meningkatkan tekanan darah), makanan berlemak atau berkolesterol seperti yang mengandung santan, goreng-gorengan, jeroan, dan sebagainya. Perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat. Selain itu juga perbanyaklah mengkonsumsi air mineral dan berolahraga yang teratur. Dengan berolahraga yang teratur dapat mengurangi lemak-lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah serta menjaga berat badan. Periksalah tensi darah secara teratur karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami tekanan yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top