Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

KetahuilahPenyebab Dan Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Ketkia Bunda hamil pasti mengalami gejala-gejala yang tidak seperti biasanya. Pada minggu-minggu awal biasanya ingin muntah dan sering-sering pipis. Namun ada juga yang mengalami kebengkakakan pada area pergelangan tangan dan kaki.

penyebab dan cara mengatasi varises pada ibu hamil

Salah satunya  terkena varises pada bagian kaki. Varises merupakan pembuluh darah balik yang  meluas dan berkelak-kelok akibat gangguan. Apakah penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sebaiknya Bunda  membaca artikel ini dengan cermat. Karena artikel ini akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi varises pada ibu hamil.

Penyebab Varises Pada Ibu Hamil

Perlu Bunda ketahui bahwapenyebab dan cara mengatasi varises pada ibu hamil, tidak terduga dan lumayan susah untuk menyembuhkannya. Untuk penyebab terjadinya varises pada ibu hamil adalah selain faktor keturuan , itu juga akibat dari hormon saat kehamilan. Varises pada ibu hamil ternyata tidak hanya pada kaki ,namun hingga terjadi di anus dan vagina.

Hal ini tentunya harus diwaspadai, karena menyangkut proses persalinan nantinya. Untuk mengenali gejalannya yaitu ,ibu hamil yang memiliki varises akan terdapat benjolan pada vaginanya, kulit menjadi kebiruan dan disaat hamil mudah lelah dan wajahnya pucat. Varises disebabkan karena wanita hamil mengalami perubahan hormonal, tepatnya mengalami peningkatan hormon progresteron. Nah perubahan tersebut yang membuat elastisitas dinding pembuluh darah semakin bertambah hingga mengakibatkan pembuluh darah yang tambah besar.

Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Untuk mengatasi varises pada ibu hamil, pertama minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Karena air putih dapat meningkatkan tekanan pada daerah pembuluh darah. Kedua mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Karena dapat membantu proses pencernaan pada usus. Ketiga perbanyak makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E.

Kedua vitamin itu , dipercaya dapat menghilangkan varises apabila dikonsumsi secara bersamaan. Keempat jangan lupa membatasi makanan yang mengandung kalori tinggi.  Namun jangan sampai Bunda tidak maka ya? Itu namanya penyiksaan dan kasihan janin yang ada di kandungan.  Nah, itulah sedikit infomasi mengenai penyebab dan cara mengatasi varises pada ibu hamil.Semoga bermanfaat untuk Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top