Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul Pada Bayi

Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul Pada Bayi

Beberapa Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Pada Bayi Dengan Lidah Buaya

KonsultasiSehat.com. Munculnya tonjolan yang berasa nyeri, berbentuk seperti kubah dan berwarna merah di daerah sekitarnya merupakan salah satu tanda yang umum dapat diketahui pada penderita bisul. Pada bayi, biasanya bisul diawali dengan munculnya biang keringat yang lama kelamaan akan berubah menjadi bisul.

penyebab dan cara mengobati bisul pada bayi

Nah, jenis bisul yang biasanya diderita oleh bayi yakni jenis furunkulosis. Furunkulosis yakni bisul kecil yang hanya memiliki satu mata, dan jika dia berjumlah banyak kemudian menyebar pada bagian tubuh lainnya tapi jarang-jarang, bisul ini hanya memiliki satu mata pada tiap bisulnya.

Sedangkan jenis lainnya, yakni karbunkel. Karbunkel merupakan beberapa bisul yang muncul berdekatan dan akhirnya menimbulkan beberapa mata bisul. Jenis bisul ini jarang sekali ditemui pada anak bayi. Untuk mengantisipasinya, perlu kita ketahui apa saja penyebab dan cara mengobati bisul pada bayi ya sobat.

Penyebab dan cara mengobati bisul pada bayi akan kami jelaskan di bawah ini:

Penyebab:

– Iritasi pada kulit bayi

– Daya tahan tubuh bayi yang lemah/ sistem imuniti yang lemah

– Kurang terjaganya kebersihan kulit si bayi, termasuk lingkungan sekitar bayi

– Infeksi oleh bakteri staphylococcus aureus

– Infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur lainnya

– Alergi terhadap jenis makanan tertentu. Ingat jangan salahkan makanan seperti telur dan ikan sebagai penyebabnya. Jika si bayi terkena bisulan setelah makan-makanan tersebut bisa jadi karena memang bayi anda alergi terhadap jenis makanan itu.

Cara mengobati:

Gunakanlah cara-cara pengobatan yang alami, salah satunya yakni dengan menggunakan tanaman obat lidah buaya. Manfaatkanlah daging lidah buaya sebagai obat untuk mengobati bisul pada bayi anda. Pertama-tama, kupas kulit lidah buaya, dan ambil dagingnya.

Kemudian hancurkan daging lidah buaya tersebut sampai rata. Selanjutnya, tambahkan sedikit garam dan aduk rata. Langkah terakhir, oleskanlah racikan daginglidah buaya tersebut pada bisul bayi anda.
Di atas merupakan sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengobati bisul pada bayi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top