Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya!

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya!

. merupakan salah satu hal yang memang dialami oleh wanita. Namun, seringkali banyak wanita yang mengeluhkan mengalami tidak teratur dan tentunya hal ini akan sangat berkaitan dengan kesuburan anda. Oleh karena itu, anda sebagai wanita memang seharusnya mengetahui beberapa penyebab .

penyebab-menstruasi-tidak-teratur

Umumnya, setiap wanita mengalami menstruasi sebanyak 11 hingga 13 kali dalam setahun, ada yang terkadang satu bulan 2 kali mengalami menstruasi dan bahkan ada yang mungkin satu bulan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Namun, setiap wanita pada umumnya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda dan sangat jarang sekali kita menemui wanita yang memiliki waktu menstruasi yang sama.

Menstruasi dikatakan tidak teratur jika tidak sesuai dengan siklus menstruasi anda, mungkin terlambat atau bahkan mungkin terlalu berlebih. Ada banyak hal yang menjadi penyebab menstruasi tidak teratur, di antaranya yaitu:

  • Peningkatan stress

Perlu anda ketahui bahwa stress berlebih dapat mengganggu siklus menstruasi, baik stress karena pekerjaan anda ataupun ada tekanan dari teman-teman atau keluarga anda. Hal ini menjadi pemicu menstruasi anda tidak teratur karena ketika anda stress, kelenjar adrenal mengeluarkan hormone kortisol yang mempengaruhi beberapa hormone yang mempengaruhi menstruasi yaitu progesterone dan estrogen.

  • Berat badan

Berat badan yang terlalu ekstrim, baik terlalu kurus atau kelebihan berat badan akan sedikit mempengaruhi siklus menstruasi anda.

  • Kontrasepsi

Baik pil KB atau alat kontrasepsi lainnya dapat menyebabkan pendarahan diantara periode menstruasi dan hal ini akan sangat mengganggu menstruasi anda.

  • Hormone

Terjadinya ketidak seimbangan dapat menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Ketidak seimbangan hormone berkaitan dengan perimenopouse dan masa ini merupakan periode transisi hormonal sebelum masa menopause.

  • Sindrom ovarium polikistik (SPOK)

SPOK ini terjadi apabila beberapa kista yang sangat kecil berkembang di dalam ovarium.  Ovarium tersebut menghasilkan folikel yang memproduksi hormone estrogen yang cukup tinggi  dan menahan pelepasan sel telur. Oleh karena itu, wajar jika menstruasi anda tidak teratur.

  • Gangguan tiroid

Tiroid sendiri memiliki fungsi yang berkaitan dengan semua hormone yang ada dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami menstruasi tidak teratur, dapat diduga terjadi ketidakseimbangan hormone tiroid dalam tubuh anda, mungkin terjadi hipotiroidisme.

Selain dengan beberapa penyebab di atas, beberapa hal yang ternyata memicu gangguan pada menstruasi yaitu gizi buruk, kebiasaan merokok dan minum alkohol, konsumsi kafein yang berlebih dan masih banyak lagi.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai penyebab menstruasi tidak teratur. Semoga dapat membantu anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top