Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Penyebab Payudara Sakit Dan Gatal!

Penyebab Payudara Sakit Dan Gatal!

. Semua wanita tentunya memiliki payudara dan tidak dapat dipungkiri bahwa organ ini sepertinya menjadi salah satu organ wajib yang harus dimiliki oleh wanita yang ingin tampil cantik. Namun, tidak jarang kita menemui beberapa masalah yang sering muncul yaitu adanya rasa gatal serta sakit yang mungkin anda sendiri kurang faham mengenai penyebabnya. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang memang dapat menjadi penyebab payudara sakit dan gatal, oleh karena itu anda khususnya para wanita sebaiknya memang memahami akan hal ini.

penyebab-payudara-sakit-dan-gatal

Tidak sedikit wanita yang ternyata sering cemas mengenai masalah payudara karena seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri banyak sekali kasus di mana wanita mengalami gangguan pada bagian payudara. Hal ini sepertinya membuat masyarakat untuk lebih berhati-hati mengenai bagian pada wanita yang memang sensitif ini.

Pada payudara sendiri terdapat jaringan kelenjar dan juga dikelilingi sel lemak, saraf, jaringan ikat, pembuluh darah dan juga kelenjar getah bening di mana seluruh jaringan tersebut tertutup oleh kulit yang mengandung kelenjar keringat dan juga folikel rambut. Umumnya rasa gatal dan sakit pun muncul di area bagian bawah payudara ataupun di sekeliling payudara. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebab payudara sakit dan gatal tersebut? Simak uraiannya di bawah ini.

Penyebab payudara sakit dan gatal :

  • Infeksi

Infeksi merupakan salah satu pemicu yang dapat membuat payudara anda gatal dan sakit. Hal ini biasanya dialami oleh ibu yang sedang menyusui. Kegiatan menyusui ini dapat menyebabkan bakteri serta virus mampu menginfeksi payudara anda dan biasanya infeksi yang terjadi bukan hanya satu macam saja, di antaranya yaitu infeksi jamur, cacar, eksim dan bahkan kudis. Gejala awal terjadinya infeksi tersebut ditandai dengan kulit yang kering di bagian putting.

  • Pemakaian bra yang tidak benar

Tujuan pemakaian bra sebenarnya untuk melindungi bagian payudara. Pemakaian yang tidak benar yang kemungkinan karena terlalu ketat, bahan bra yang tidak cocok dengan kulit anda atau mungkin bra yang tidak anda cuci hingga bersih menjadi penyebab munculnya rasa gatal dan sakit.

  • Stress

Stress muncul akan barsamaan dengan rasa gatal pada bagian payudara dan anda akan mengalami hal ini secara terus menerus. Akibatnya, muncul rasa ingin menggaruk dan dapat menimbulkan luka yang dapat memicu infeksi. Tidak heran jika lantas kemudian payudara anda menjadi sakit.

  • Kanker payudara

Rasa gatal dan juga sakit dapat muncul dan menjadi salah satu tanda penyakit kanker payudara. Biasanya untuk gejala kanker payudara ini pun diikuti dengan payudara menjadi besar, bengkak, merah, kulit bersisik, sakit hingga gatal.

Itulah beberapa uraian mengenai penyebab payudara sakit dan gatal. Semoga dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top