Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Penyebab Pingsan Saat Hamil Yang Harus Anda Tahu!

Penyebab Pingsan Saat Hamil Yang Harus Anda Tahu!

. Penyebab pingsan saat hamil, apakah anda khususnya para wanita sudah mengetahuinya? Mungkin jika anda sudah pernah merasakan yang namanya hamil, sedikit banyak mengetahui apa saja kira-kira yang menjadi penyebab pingsan. Namun, berbeda halnya jika anda belum pernah mengalami yang namanya hamil, tentu akan selalu menjadi tanda tanya besar, kenapa jika orang hamil itu cenderung mudah pingsan.

penyebab-pingsan-saat-hamil

Ketika anda hamil, memang sistem hormon mengalami perubahan. Jadi mungkin sering mengalami pingsan adalah salah satu konsekuensi dari perubahan ini. Terkadang memang sistem kardiovaskuler dan juga sistem syaraf tidak mampu menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dan akibatnya anda akan mengalami pusing dan bahkan juga pingsan.

Ada beberapa penyebab pingsan saat hamil yang perlu anda ketahui dan untuk itu simak uraiannya di bawah ini.

Penyebab pingsan saat hamil di antaranya yaitu :

  • Berdiri terlalu cepat

Perlu anda ketahui bahwa ketika anda sedang duduk, darah cenderung berkumpul di daerah kaki bagian bawah dan ketika anda secara tiba-tiba berdiri maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Hal ini menyebabkan tekanan darah terus menurun dan menyebabkan pusing karena suplay oksegen ke otak tidak mencukupi. Jika tubuh anda tidak mampu merespon kondisi ini dengan cepat, maka akibatnya anda akan mengalami pingsan.

  • Tidak cukup makan atau minum

Mual ketika hamil memang hal yang wajar dan hal ini sering kali membuat ibu hamil enggan untuk makan atau minum. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, akibatnya kadar gula dalam darah anda akan terus semakin turun dan hal ini tentunya membuat dampak yang kurang bagus untuk tubuh anda. Ketika anda mengalami hipoglikemia, tubuh cenderung lemah karena glukosa yang seharusnya diubah menjadi energy dalam tubuh dalam jumlah yang tidak mencukupi. Nah, untuk itu sebaiknya anda tetap menjaga pola makan anda sehingga terhindar dari yang namanya pingsan. Selain itu, minum pun juga harus anda perhatikan karena kekurangan cairan tubuh pun memperngaruhi kondisi tubuh ibu hamil.

  • Kepanasan

Mungkin anda tidak menyadari bahwa ketika anda berendam di air panas atau hangat itu menyebabkan efek pusing dan dapat berakhir dengan pingsan. Hal ini karena ketika anda melakukan berendam di air panas, pembuluh darah tubuh anda melebar, menurunkan tekanan darah dan pada akhirnya dapat berakibat pingsan. Selain berendam di air panas, anda berlama-lama di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung pun dapat menjadi penyebab terjadinya pingsan.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai penyebab pingsan saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top