Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

. Sakit kepala bagian belakang memang salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat dan umumnya penyakit tersebut muncul karena gejala dari penyakit lain. Memang kebanyakan penyakit ini tidak berbahaya tetapi anda pun tidak dapat mengabaikannya dan alangkah lebih baik jika anda segera mengatasinya. Namun, sebelum mengatasi, anda pun harus mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang.

penyebab-sakit-kepala-bagian-belakang

Pada dasarnya sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua yaitu sakit kepala primer dan juga sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer merupakan salah satu penyakit yang penyebabnya bukan dari kondisi yang mendasarinya sedangkan untuk sakit kepala sekunder disebabkan oleh kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang dan untuk itu, jika anda ingin mengetahuinya atau anda saat ini sedang mengalami sakit kepala, silahkan anda simak uraiannya di bawah ini.

Penyebab sakit kepala bagian belakang :

  • Sakit kepala cervicogenic

Sakit kepala cervicogenic ini disebabkan karena adanya gangguan pada leher dan termasuk ke dalam sakit kepala sekunder. Untuk gangguan ini diklasifikasikan menjadi sakit kepala myogenic dan juga vertebrogenic. Seperti namanya, bahwa sakit kepala vertebrogenic disebabkan pada bagian sendi tulang belakang pada leher mengalami disfungsional. Sedangkan untuk sakit kepala myogenic disebabkan karena adanya ketegangan pada otot-otot leher. Penyebab lain dari terjadinya sakit kepala pada bagian belakang juga karena postur tubuh, stress dan juga gangguan pada tulang belakang.

  • Ketegangan

Sakit kepala bagian belakang memang umumnya muncul ketika otot-otot pada bagian leher dan juga pundak terasa begitu kencang. Otot kencang ini dikarenakan beberapa hal, di antaranya yaitu karena stress, kurang tidur, posisi tidur yang salah, kecemasan, sakit gigi dan lain sebagainya.

Setelah mengerti beberapa hal yang menjadi penyebab gangguan kepala, anda pun dapat memilih langkah yang tepat untuk mengatasi atau menghindarinya. Umumnya sakit kepala bagian belakang ini diawali dengan rasa yang tidak enak di bagian belakang kepala dan bahkan ada yang sampai menyebar ke depan atau mungkin justru ke bagian tulang belakang. Hal ini akan membuat anda kurang nyaman dalam melakukan segala aktivitas.

Nah, untuk itu, sebaiknya anda segera mengatasinya dengan menekan munculnya stress, banyak istirahat, olahraga dan ketika sakit kepala anda terlalu berlebih, anda dapat melakukan pemeriksaan medis sehingga lebih terpercaya mengenai penyebab tersebut. Karena pada beberapa kasus, sakit kepala ini juga dapat muncul karena suatu penyakit yang membahayakan, misalnya tumor.

Nah, itulah beberapa uraian yang dapat kami berikan mengenai penyebab sakit kepala bagian belakang. Semoga dapat memberikan manfaat dan bahan referensi untuk anda khususnya yang sering mengalami sakit kepala bagian belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top