Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

. Rambut rontok setelah melahirkan memang hal normal yang terjadi hampir pada semua wanita. Hal ini tidak lain karena adanya perubahan hormone dalam tubuh wanita yang beralih dari masa kehamilan menjadi menyusui. Perlu anda ketahui bahwa ketika anda dalam masa melahirkan, hormone estrogen relative tinggi dan ketika anda menyusui inilah hormone estrogen menurun serta menjadi penyebab rambut rontok.

rambut-rontok-setelah-melahirkan

Sebenarnya bagi anda yang mengalami rambut rontok pasca melahirkan, tidak perlu merasa khawatir karena pada dasarnya rambut rontok yang terjadi hanya sementara. Secara otomatis rambut anda berangsur-angsur normal kembali dan untuk itu anda pun tidak pernah melakukan hal apapun untuk mengatasinya tetapi meskipun demikian terkadang pada beberapa wanita pun rambut rontok berangsur lama dan sangat mengganggu anda.

Nah, bagi anda yang mengalami gangguan tersebut, tidak perlu merasa khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info mengenai cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Apabila anda tertarik, silahkan anda simak uraian berikut ini.

Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan :

  • Hindari memperlakukan rambut terlalu kasar, misalnya menarik terlalu keras karena hal ini dapat membuat trauma pada kulit kepala anda dan akibatnya rambut ada pun rontok secara alami.
  • Diet sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran. Dalam buah ataupun sayur ini mengandung antioksidan dan juga flavonoid yang dapat melindungi folikel rambut. Beberapa senyawa ini pun dapat merangsang pertumbuhan rambut dan hal ini dapat menjadi alternative pilihan bagi anda yang saat ini sedang mengalami rambut rontok.
  • Sisir rambut anda yang basah dengan sisir yang bergerigi jarang sehingga tidak menyiksa rambut anda.
  • Tambahkan vitamin dan nutrisi untuk rambut anda, misalnya vitamin E, vitamin C, biotin yang dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut anda.
  • Pilih shampoo yang berkualitas dan cocok untuk rambut anda.
  • Hindari penggunaan alat-alat yang dapat merusak rambut seperti catok rambut.
  • Hindari stress karena hal ini dapat memperparah kerontokan rambut anda. Anda sebagai ibu menyusui harus menekan sekecil mungkin stress karena pada dasarnya ketika anda baru saja memiliki bayi, akan menciptakan banyak stress. Jangan sampai hal ini yang akan memperparah kesehatan rambut anda.
  • Pilih model rambut pendek sehingga anda lebih mudah untuk merawat dan juga menatanya. Banyak juga orang yang berpendapat bahwa rambut pendek memiliki resiko rambut rontok lebih kecil jika dibandingkan anda yang memiliki rambut panjang.

Demikian uraian singkat yang dapat admin berikan mengenai cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Semoga dapat meberikan manfaat dan juga dapat menambah referensi tambahan untuk anda khususnya bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top