Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Redaksi Kesahatan: Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Redaksi Kesahatan: Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

. Kewajiban ibu yang sedang hamil untuk menjadi seseorang yang sehat jasmani maupun rohani sudah merupakan harga mati dan tidak bisa dinego lagi. Hal ini karena bagaimana pun kondisi ibu hamil, hal tersebut akan berpengaruh juga untuk janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, bila anda sedang hamil dan ingin melahirkan anak yang sehat dengan selamat, perbanyaklah konsumsi jagung. Selain enak dimakan, jagung ternyata memiliki banyak khasiat, termasuk untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat jagung untuk ibu hamil yang lebih lengkapnya.

manfaat-jagung-untuk-ibu-hamil

  • Anti Kanker

Salah satu kandungan zat yang paling banyak di dalam jagung adalah zat anti oksidan. Zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengaktifan sel tumor dan kanker, terutama di bagian payudara. Sebagai calon ibu, tentunya payudara adalah alat yang paling vital sehingga harus dijaga kesehatannya. Sebab, bila payudara anda tidak sehat, maka bayi yang anda lahirkan tidak dapat menikmati ASI anda dan hal ini bisa berdampak buruk untuk perkembangan dan pertumbuhun anak selanjutnya.

  • Menambah sel darah merah

Sebagai ibu hamil, anda harus berusaha menguatkan tubuh 2 kali lipat dari pada biasanya, agar keselamatan bayi dapat terjamin. Untuk itu, jangan sampai anda kekurangan sel darah merah karena akan menyebabkan terjadinya anemia. Dalam skala kecil, anemia akan berdampak pada pingsan dan pusing saja, namun bila sudah parah, anemia ternyata juga dapat menyebabkan kematian. Dalam hal ini, jagung manis akan sangat membantu karena ia memiliki kandungan vitamin B yang cukup banyak. Selain dapat menambah eritrosit, kandungan vitamin B12 juga berkhasiat untuk menambah zat besi dalam tubuh.

  • Menjaga kestabilan plasenta

Jagung memiliki kandungan kalium yang lumayan banyak. Kalium ini berfungsi untuk menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh, sehingga sel plasenta yang berperan sebagai rumah janin akan terjaga keamanannya. Hal lain yang juga berguna dari kalium adalah mengenai kemungkinan ibu hamil untuk mengalami pecahnya plasenta (ketuban) sebelum waktunya juga akan semakin kecil.

Demikianlah beberapa paparan tentang manfaat jagung untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi anda dan silahkan mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top