Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Sebenarnya Boleh Tidak Sih Bayi Tidur Tengkurap?

Sebenarnya Boleh Tidak Sih Bayi Tidur Tengkurap? | bolehkah bayi tidur tengkurap?

. Kehadiran seorang bayi dalam sebuah rumah tangga sangat dinanti-nantikan oleh pasangan suai istri. Apalagi saat bayi tersebut sudah lahir ke dunia dan mewarnai hari-hari mereka. Semua kebutuhan dan kasih sayang akan tercurahkan kepada sang bayi. Lebih-lebih bayi tersebut adalah anak pertama. Namun, kehadiran bayi tersebut tak pelak membawa kerepotan dan kebingungan di kala bayi melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh pasangan suami istri tersebut. Pertanyaan-pertanyaan mulai hadir di benak mereka mengenai aktivitas bayi mereka. Pertanyaan tersebut salah satunya ialah bolehkah bayi tidur tengkurap? Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan kita bahas dalam artikel kali ini. Berikut penjelasannya:

bolehkah-bayi-tidur-tengkurap

Sebenarnya, bolehkah bayi tidur tengkurap? Pertanyaan tersebut memang mengundang kebingungan di kala si bayi melakukan hal tersebut. Biasanya para orang tua baru tersebut bertanya-tanya ke orang-orang yang sudah memiliki bayi, ke keluarga mereka, ke tetangga, teman, dan sedikit yang langsung bertanya kepada dokter anak. Jawaban-jawaban dari orang-orang tersebut tidak seragam, ada yang menjawab boleh dan ada yang menjawab tidak boleh. Jawaban boleh dengan alasan karena pada saat keadaan tidur itu bayi sama dengan kita yaitu mencari posisi tidur yang nyaman, jadi tidak ada salahnya bayi tidur dengan posisi tengkurap asal kita bisa memastikan dia baik-baik saja. Sedangkan jawaban yang tidak boleh, alasannya karena dalam keadaan tengkurap bayi akan mengalami susah bernafas atau sesak nafas, apalagi di kala dia belum bisa membalikkan tubuhnya ke posisi normalnya. Ditakutkan bila di saat si bayi sesak nafas dan kita tidak mengetahuinya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah dari penjelasan mengenai pertanyaan bolehkah bayi tidur tengkurap? terdapat dua jawaban yang masih membingungkan. Untuk itu tidak ada salahnya para orang tua yang baru memiliki bayi tersebut langsung bertanya pada dokter anak yang memang ahli dalam bidang anak tersebut. Jadi, jangan asal-asalan memutuskan boleh atau tidaknya karena nyawa sang bayi yang menjadi taruhannya. Tentunya Anda tidak mau bukan bayi Anda mengalami hal yang tidak diinginkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top