Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Solusi Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Aman

Solusi Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Aman | Cara aman menurunkan tekanan darah tinggi

. Tekanan darah tinggi atau yang biasanya disebut dengan hipertensi ialah suatu penyakit dimana si penderita mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Untuk mengecek atau mengetahui tekanan darah tersebut biasanya dengan melakukan pemeriksaan tensi darah. Tekanan darah dikatakan tinggi berkisar pada 120/80 mmHG. Penyakit darah tinggi ini adalah salah satu faktor penyebab penyakit stroke dan jantung. Jika tidak dideteksi dini tentunya dapat menyebabkan kematian yang mendadak bagi si penderita. Gejala umum penyakit ini seperti sakit kepala atau pusing, wajah kemerahan, pendarahan di hidung atau mimisan, dan cepat merasa kelelahan. Untuk mengobatinya tentunya dengan berkonsultasi dengan dokter, namun jika juga terdapat beberapa cara aman menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

Cara-aman-menurunkan-tekanan-darah-tinggi

Cara aman menurunkan tekanan darah tinggi antara lain pertama, memperbanyak mengkonsumsi jus buah dan sayuran. Disarankan minimal 2 kali sehari untuk mengkonsumi jus tersebut. Sayur-sayuran yang baik untuk menurunkan darah tinggi antara lain seperti buncis, kapri, mentimun, wortel dan sebagainya. Sedangkan buah yang cocok yaitu apel, belimbing, dan sebagainya. Tentunya jus buah dan sayuran tersebut harus segar. Kedua, jangan mudah stres, karena jika terlalu stres dan memikirkan masalah tentunya akan memicu darah menjadi naik dan akibatnya bisa fatal. Ketiga, olahraga yang teratur dan seimbang. Jangan berolahraga yang terlalu berat. Keempat, jagalah pola hidup jangan tidur terlalu malam, tidur yang baik berkisar 8 jam.

Tekanan darah tinggi dapat timbul atau kumat dengan mendadak tanpa disadari oleh si penderita. Oleh karena itu si penderita harus benar-benar menjaga keadaan tubuhnya. Dan tentunya yang paling penting jangan stres dan harus menjaga asupan gizi makanannya. Itulah beberapa cara aman menurunkan  tekanan darah tinggi dan tentunya alami. Jika sudah mengidap darah tinggi yang parah akut, cara-cara atau tips di atas harus dibarengi dengan obat-obatan dari dokter. Karena biasanya si penderita darah tinggi harus mengkonsumsi atau tergantungan dengan obat-obatan yang diberikan dari dokternya. Meskipun ketergantungan dengan obat-obatan dari dokter namun sebenarnya itu juga kurang baik, karena ginjal kita akan bekerja lebih ekstra setiap hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top