Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Tanda Menopause Pada Wanita

Tanda Menopause Pada Wanita

. Setiap wanita tentunya akan mengalami yang namanya menopause. Pada dasarnya menopause sendiri merupakan suatu bagian yang normal dari proses penuaan yang dialami oleh wanita dan untuk itu, anda khususnya sebagai wanita memang sangat dianjurkan untuk mengetahui beberapa tanda menopause pada wanita agar anda tidak merasa asing dengan beberapa tanda yang muncul.

tanda-menopause-pada-wanita

Menopause sendiri dapat didefinisikan suatu akhir dari siklus menstruasi yang secara permanen dan hal ini pun sekaligus diikuti dengan hilangnya fungsi ovarium. Namun, perlu untuk anda ketahui bahwa setiap wanita akan mengalami menopause dengan waktu yang berbeda karena pada dasarnya hal ini pun sangat dipengaruhi oleh prosedur kesehatan misalnya histerektomi dan umumnya wanita akan mengalami menopasuse ini pada usia sekitar 51 tahun.

Ada banyak hal yang dapat anda jadikan tanda menopause pada wanita dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info kepada anda mengenai hal tersebut. Apabila anda tertarik, silahkan anda simak uraiannya di bawah ini.

Tanda menopause pada wanita :

  • Periode menstruasi mulai berkurang

Seorang wanita dianggap masuk ke dalam kategori menopause jika dalam waktu 12 bulan atau satu tahun tidak mengalami menstruasi dihitung sejak tanggal anda mengalami menstruasi yang terakhir. Siklus menstruasi yang tidak teratur inilah yang menjadi tanda awal dari menopause terlebih jika anda sudah berusia 50 tahun ke atas.

  • Insomnia

Bagi anda kaum wanita yang sering mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya, anda harus peka bahwa hal ini merupakan awal dari menopause. Mungkin anda pun sering mengalaminya, di mana pada malam hari anda berkeringat terlalu banyak atau anda mengalami kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda sudah mulai mengalami beberapa hal ini, batasi konsumsi kafein dan melakukan beberapa teknik relaksasi.

  • Mudah marah dan sering mengalami perubahan mood

Pada umumnya untuk tanda yang ketiga ini seperti halnya jika anda akan mengalami menstruasi. Banyak wanita yang sering mengalami perubahan mood dan bahkan sering marah ketika sebelum menopause atau selama menopause. Mungkin hal ini juga dikarenakan anda mengalami gangguan sulit tidur dan dampaknya anda pun cenderung lebih sensitive atau mudah tersinggung dan biasanya bagi anda yang saat muda ketika akan mengalami menstruasi mengalami gangguan ini, ketika akan menopause anda pun dapat mengalami depresi yang lebih parah.

  • Hot flashes

Hot flashes merupakan salah satu tanda yang paling umum terjadi. Hot flashes terjadi karena adanya perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan hal ini menyebabkan kulit wanita menjadi memerah atau berkeringat. Hal ini pun juga dapat menyebabkan denyut jantung meningkat.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi tanda menopause pada wanita. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top