Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Tips Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

Tips Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda | Cara alami mengatasi keputihan saat hamil muda

. Keputihan atau fluor albus merupakan cairan berwarna putih yang keluar dari organ kewanitaan. Hal ini dapat terjadi pada setiap wanita tanpa memandang usia. Keputihan ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil terutama di tri-semester pertama karena adanya perubahan hormon serta aliran darah pada area rahim dan juga kewanitaan. Keputihan juga sering diakibatkan oleh infeksi (bakteri, virus, jamur, atau juga parasit) biasanya disertai rasa gatal di dalam vagina atau di sekitar bibir vagina bagian luar. Cara alami mengatasi keputihan saat hamil muda harus dilakukan guna mencegah peradangan ke saluran kencing, gangguan kehamilan, bayi prematur, dan bahkan kanker serviks. Keputihan pada wanita hamil ini tidak dapat disepelekan begitu saja karena dapat menurunkan kondisi ibu hamil.

Cara-alami-mengatasi-keputihan-saat-hamil-muda

Sebagian besar wanita hamil tidak terlalu terlalu mengeluhkan gejala-gejala keputihan yang di deritanya. Hal ini bisa terjadi karena ia merasa tidak terganggu. Namun jika hal ini terus di biarkan secara terus-menerus, keputihan tersebut dapat membahayakan kehamilan anda. Perlu diperhatikan Cara alami mengatasi keputihan saat hamil muda seperti menggunakan pakaian dalam berbahan dasar katun dan hindari pemakaian celana dalam yang berbahan dasar sintetis. Bersihkan secara rutin area kewanitaan anda dari depan menuju ke belakang ketika selesai buang air kecil dan besar. Hal ini bisa membantu anda mengurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan juga anus. Hindari juga makanan yang manis dan yang banyak mengandung kafein.

Sementara itu, setiap perubahan tekstur atau kuantitas keputihan selama kehamilan, terutama jika disertai dengan sakit perut atau kram, tidak boleh diabaikan karena mungkin menunjuk ke arah komplikasi pada kehamilan. Keputihan yang menyerupai nyeri dan disertai oleh sensasi gatal atau terbakar bisa menjadi akibat dari infeksi jamur. Jika cairan vagina mengeluarkan bau yang tidak sedap atau warna kekuningan atau kehijauan ini bisa merupakan sinyal infeksi vagina lain yang bisa mengancam keselamatan bayi yang belum lahir. Oleh karena itu, cara alami mengatasi keputihan saat hamil muda perlu dipelajari oleh ibu hamil untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi, sebaiknya konsultasikan pula pada dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top