Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Tips Bagaimana Menyembuhkan Gejala Anemia

Tips Bagaimana Menyembuhkan Gejala Anemia | Cara menyembuhkan gejala anemia

. Apa itu gejala anemia? Pasti sebagai orang awam, kita masih bertanya-tanya seperti apa gejala anemia itu, bagaimana menyembuhkannya. Penyakit anemia itu secara singkat biasa disebut penyakit kurang darah. Kekurangan darah di dalam tubuh itu sendiri diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Gejala yang dialami si penderita anemia seperti muka pucat, tubuh atau badan lesu, mudah merasa capek, kurang konsentrasi, dan sebagainya. Sebenarnya jika dilihat dari gejalanya, antara anemia dan darah rendah hampir sama, untuk itu diperlukan pemeriksaan yang lebih lanjut ke dokter. Setiap penyakit pasti ada obat dan cara menyembuhkannya. Sama halnya dengan anemia ini, ada beberapa cara menyembuhkan gejala anemia.

Cara-menyembuhkan-gejala-anemia

Cara menyembuhkan gejala anemia antara lain seperti pastinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung zat besi. Kandungan zat besi tersebut ada dalam sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kacang-kacangan (kacang polong, kacang tanah, dll), kangkung, dan sebagainya. Selain itu zat besi juga dapat kita peroleh dari ikan dan daging-dagingan yang berwarna merah seperti sapi dan kambing. Cara lainnya tentunya dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, pepaya, tomat, dan jenis lainnya. Dan yang paling penting membatasi makanan dan minuman yang memperlambat penyerapan zat besi itu sendiri. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selanjutnya juga dibantu dengan obat-obatan yang diberikan dokter.

Ada beberapa orang yang tidak suka mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, untuk biasanya mereka mengkonsumsi obat-obatan herbal dan tradisional. Gejala anemia tidak akan sembuh jika si penderita tersebut tidak dapat menjaga tubuh dan pola hidupnya. Karena jika sudah mengkonsumsi obat dari dokter dan makan makanan yang sehat mengandung zat besi, namun tidak dibarengi dengan pola hidup yang tidak sehat, maka penyakit itu akan tetap ada dalam tubuh si penderita. Untuk itu usaha-usaha tersebut perlu dibarengi dengan olah raga yang teratur dan seimbang, istirahat cukup, dan mengurangi aktivitas yang melelahkan. Itulah penjelasan singkat mengenai gejala anemia dan beberapa cara menyembuhkan gejala anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top