Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Tips Cara Mempunyai Anak Kembar

Tips Cara Mempunyai Anak Kembar

. Cara mempunyai anak kembar tidaklah sulit. Banyak pasangan yang mendambakan mempunyai anak kembar. Mereka beranggapan menyenangkan mempunyai anak kembar, menyiapkan pakaian yang sama, nama yang serupa, namun sebenarnya mengasuh anak kembar mempunyai kesulitan. Diperlukan perhatian ekstra dalam mengasuh dan membesarkan kedua anak sekaligus. Cara agar dapat memiliki anak kembar tidak jauh berbeda dengan membuat anak pada umumnya, namun banyak faktor yang memicu kelahiran anak kembar. Berikut cara yang dapat anda coba :

cara-mempunyai-anak-kembar

  • Faktor keluarga

Faktor terbesar agar dapat memiliki anak kembar adalah riwayat keluarga pasangan, yaitu mempunyai keturunan kembar. Faktor gen keluarga mempunyai pengaruh yang besar akan anak kembar. Semakin banyak keluarga yang mempunyai anak kembar, maka semakin besar kemungkinan anda mempunyai anak kembar.

  • Usia saat hamil

Metode mempunyai anak kembar yang lain adalah mengatur usia kehamilan. Usia wanita yang lebih tua akan cenderung mempunyai anak kembar. Usia diantara 35-45 tahun mempunyai kemungkinan besar kelahiran kembar dibanding usia ibu yang masih muda. Hal ini terkait dengan proses ovulasi. Usia tersebut saat melakukan hubungan seks, wanita akan mengeluarkan lebih dari satu ovarium. Namun kehamilan di usia tua mempunyai resiko antara lain: meningkatnya resiko keguguran, kenaikan kadar gula yang signifikan dan kemungkinan kelainan pada bayi.

  • Konsultasi pada dokter spesialis

Anda dapat mengikuti progam perawatan kesuburan dan berkonsultasi pada dokter spesialis fertilitas cara mempunyai anak kembar. Proses bayi kembar dilakukan dengan obat yang dapat merangsang proses ovulasi. Selain itu dapat dilakukan dengan metode bayi tabung. Selebritis dunia, seperti Jessica Parker menggunakan metode bayi tabung untuk mendapatkan anak kembar. Bayi tabung dilakukan dengan mencangkokkan embrio pada rahim ibu. Kemungkinan mendapat bayi kembar dengan bayi tabung lebih tinggi.

  • Perbanyak konsumsi susu dan ubi

Dengan rutin mengonsumsi susu saat hamil akan mempunyai kemungkinan bayi kembar yang lebih tinggi. Susu ibu hamil mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Beberapa umbi–umbian mempunyai komponen zat aktif yang dapat memicu hiperovulasi, akibatnya kemungkinan mempunyai bayi kembar lebih tinggi. Penelitian di Afrika menunjukkan banyak yang mempunyai anak kembar di Afrika karena konsumsi umbi-umbian seperti ubi dan singkong yang dapat memicu kelahiran bayi kembar.

  • Periode kehamilan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa proses hamil saat menyusui mempunyai kemungkinan yang besar untuk mendapat anak kembar. Saat menyusui, wanita tetap mengalami ovulasi dan menstruasi. Sehingga tidak ada salahnya anda mencoba cara mempunyai anak kembar yang satu ini.

Itulah beberapa cara memiliki anak kembar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top