Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Tips Ibu Hamil Saat Naik Pesawat Terbang

Tips Ibu Hamil Saat Naik Pesawat Terbang

. Melakukan perjalanan udara di saat anda hamil bukan sesuatu yang dilarang karena memang sebenarnya aman untuk dilakukan. Dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang, anda sebagai ibu hamil tidak ada resiko adanya radiasi ataupun mesin Xray yang berfungsi sebagai pendeteksi suatu benda yang terbuat dari logam. Dan bahkan anda pun tetap aman meskipun berjalan di kabin pesawat yang notabene memiliki tekanan udara yang cukup tinggi. Namun, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, tidak ada salahnya jika anda mengetahui tips ibu hamil saat naik pesawat.

tips-ibu-hamil-saat-naik-pesawat

Meskipun pada dasarnya tidak menimbulkan sesuatu hal yang berbahaya, anda sebagai ibu hamil harus memperhatikan benar mengenai usia kandungan anda. Pada dasarnya, usia kehamilan yang tepat untuk melakukan perjalanan ketika sedang hamil adalah pada usia kandungan trimester pertama. Namun, kerika anda melakukan perjalanan ini tentunya harus memperhatikan terhadap resiko terjadinya mabuk atau mual dalam perjalanan. Mungkin anda merasa baik-baik saja ketika masih dalam bandara, tetapi ketika lepas landas lah anda akan merasa kurang begitu nyaman dalam keadaan tersebut.

Apabila anda mungkin biasa mengalami mual dalam sehari-hari, sebaiknya anda sebelum melakukan penerbangan terlebih dahulu konfirmasi ke dokter kandungan mengenai cara mengatasi mual tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan apakah aman jika anda sampai mengkonsumsi obat anti mual perjalanan sebagai langkah antisipasi. Selain itu, perlu anda perhatikan bahwa salah satu resiko ketika melakukan perjalanan udara adalah terjadinya pembekuan darah dan untuk ibu hamil memiliki resiko 2 kali lebih besar dari orang yang tidak hamil. Untuk itu, ada beberapa tips ibu hamil saat naik pesawat yang sebaiknya memang anda lakukan untuk menekan berbagai resiko yang mungkin muncul ketika anda melakukan perjalanan tersebut. Silahkan simak uraian berikut ini.

Tips ibu hamil saat naik pesawat yang harus anda ketahui :

  • Minum air putih

Kekurangan cairan atau dalam kondisi dehidrasi sangat beresiko terjadinya pembekuan darah. Oleh karena itu, usahakan selalu membawa air minum kemana pun anda pergi dan sebaiknya anda pun minum sesering mungkin.

  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas

Beberapa makanan memang ada yang menyebabkan penumpukan gas di perut seperti kol, brokoli dan minuman bersoda. Terjadinya penumpukan gas tersebut akan mendapatkan tekanan udara dan pada akhirnya anda akan merasakan sakit perut ataupun muntah.

  • Pesan tempat di bagian lorong

Usahakan anda mendapatkan tempat di lorong. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya goncangan yang berlebih dan mempermudah akses anda menuju toilet jika sewaktu-waktu anda muntah.

  • Jalan-jalan

Duduk terlalu lama dapat meningkatkan resiko terjadinya pembekuan darah terlebih bagi anda yang sedang hamil. oleh karena itu, anda dapat meregangkan otot secara berkala dengan berjalan ke lorong mungkin satu jam sekali jika memang anda melakukan perjalanan yang cukup panjang.

Nah, itulah uraian yang dapat kami berikan mengenai tips ibu hamil saat naik pesawat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sebelum anda berangkat untuk bepergian, pastikan surat keterangan dokter yang menyatakan kandungan anda sehat sudah di tangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top