Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Tips Jitu Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Baru Lahir

Tips Jitu Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Baru Lahir

. Bayi adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan untuk sepasang suami istri. Namun untuk merawat bayi bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi bagi sepasang pengantin baru. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak sekali perawatan agar dia selalu sehat. Perawatan yang dibutuhkan bayi mulai dari makanan hingga mengganti popoknya. Bagi bayi yang baru lahir biasanya juga terserang perut kembung sehingga menjadikan orang tua mereka khawatir. Apabila anda termasuk orang tua yang memperhatikan kesehatan bayi anda, berikut akan diulas mengenai cara mengobati perut kembung pada bayi baru lahir.

mengobati-perut-kembung-pada-bayi-baru-lahir

  • Menepuk-nepuk Punggung Bayi Anda
    Menepuk punggung adalah hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi perut kembung bayi anda. Tepuklah punggung bayi dengan lembut seraya menggendong bayi anda. Lakukanlah hal tersebut setidaknya sekitar 1 sampai 2 menit hingga buah hati anda bersendawa. Cara ini terbukti efektif, mudah dilakukan, dan aman untuk bayi anda.
  • Biarkanlah Bayi Anda Aktif
    Untuk menghilangkan kembung pada bayi, biarkanlah dia aktif. Ajaklah buah hati anda untuk bermain-main. Dengan bermain dan aktif mengajak bayi untuk melakukan hal-hal yang disukainya, maka gerak tubuh tersebut akan mengeluarkan gas yang ada di perut melalui sendawa.
  • Menggosok Perut Bayi
    Selain menepuk punggung bayi, cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggosok-gosokkan tangan anda pada perut bayi. Caranya cukup mudah, tuangkan minyak kayu putih (minyak telon) secukupnya pada tangan anda. Kemudian gosoklah dengan lembut perut buah hati anda. Menggosok perut bayi dengan minyak telon akan memberikan kehangatan pada tubuhnya sehingga kembung yang dialami bisa teratasi.
  • Berikan Air Hangat
    Ini adalah cara mengobati perut kembung pada bayi baru lahir yang terakhir. Air hangat adalah hal yang paling tepat digunakan untuk mengatasi bayi yang sedang mengalami kembung. Anda bisa menggunakannya sebagai air minum dan memandikannya dengan air hangat. Dengan begitu, kembung pada perut bayi bisa hilang.

Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top