Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Tips Mencegah Penyakit Kuning Pada Bayi

Tips Mencegah Penyakit Kuning Pada Bayi

. Penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan warna kulit, bagian mata yang berwarna putih dan juga kelenjar ludah menjadi kuning. Hal ini karena kadar bilirubin dalam tubuh meningkat dan melebihi pada batas kadar normal. Bilirubin tersebut mampu memecah darah dan bercampur sehingga hal ini akan mempengaruhi perubahan warna kulit dan juga bagian mata yang putih menjadi kekuningan. Umumnya memang penyakit ini diderita oleh bayi dan anda sebagai ibu yang memiliki bayi tentunya tidak mau jika hal ini terjadi pada bayi anda bukan? Untuk itu, sebaiknya anda mengetahui cara mencegah penyakit kuning pada bayi sehingga resiko bayi anda terkena penyakit kuning semakin kecil.

mencegah-penyakit-kuning-pada-bayi

Memang yang namanya penyakit kuning dapat dicegah dan dapat anda awali mulai dari masa kehamilan. Melakukan pemeriksaan secara rutin mengenai kehamilan dapat mendeteksi secara dini mengenai penyakit kuning yang terjadi pada bayi anda. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa rhesus darah dan juga golongan darah dapat anda gunakan untuk mendeteksi penyakit kuning. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin pada rhesus darah dan juga golongan darah.

Adanya perbedaan rhesus darah dan juga golongan darah antara ibu dan bayi anda dapat menjadi penyebab munculnya penyakit kuning. Jika memang bayi anda sudah menderita penyakit kuning yang disebabkan oleh perbedaan rhesus dan juga golongan darah, anda dapat segera melakukan terapi untuk mencegah penyakit kuning pada bayi dengan terapi penyinaran. Penyinaran ini dapat membantu memecah bilirubin yang ada dalam darah bayi.

Selain dengan cara di atas, anda sebagai ibu hamil juga dapat melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan lingkungan selama masa kehamilan. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kerapuhan janin dari berbagai serangan virus yang berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan bayi anda. Anda pun sebagai ibu hamil juga harus senantiasa menjaga dan juga merawat bayi anda dengan ketelitian sehingga penyakit bayi anda tidak semakin parah.

Apabila penyakit kuning pada bayi anda muncul setelah bayi anda lahir, anda dapat melakukan langkah pencegahan dengan memberikan air susu ibu (ASI) sebanyak mungkin. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi kadar bilirubin dalam tubuh bayi anda melalui feses. Selain itu, dalam ASI juga mengandung zat yang dapat menghambat produksi bilirubin yang berlebih sehingga hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan bilirubin dalam bayi. Karena adanya penumpukan bilirubin inilah yang menjadi penyebab bayi anda terkena penyaki kuning.

Pada dasarnya mencegah penyakit kuning pada bayi dapat anda lakukan dengan mudah. Hal ini dapat terus anda lakukan dengan rutin melakukan penyinaran dan jika dalam 7 hari tidak ada perkembangan, sebaiknya segera anda bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

One comment

  1. info yang sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top