Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Umum / Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

. Hidung tersumbat memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Terlebih bagi anda yang tinggal di daerah yang memiliki udara cenderung dingin dan bukan hal yang asing lagi jika anda mengalami hidung tersumbat saat tidur. Sebenarnya bukan hal yang berbahaya jika hidung anda tersumbat, tetapi tentunya akan sangat mengganggu tidur anda dan membuat anda sangat tersiksa bukan? Oleh karena itu, sebaiknya memang anda mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

mengatasi-hidung-tersumbat-saat-tidur

Ada banyak penyebab yang memicu terjadinya hidung tersumbat dan kebanyakan dari penderita memang disebabkan oleh adanya alergi. Hal ini akan membuat anda akan mengalami kesulitan untuk bernafas karena sinus terganggu. Sinus sendiri merupakan bagian rongga pada tulang di sekitar hidung dan dalam rongga ini pun menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung. Nah, ketika hidung anda tersumbat maka pada bagian ini terjadi penumpukan lendir dan akibatnya akan mempersulit anda untuk bernafas.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur dan mungkin ada dari anda yang sudah lama mengetahuinya. Namun, tidak ada salahnya jika anda menyimak uraian yang akan kami berikan berikut ini.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur diantaranya :

  • Posisi tidur

Jika anda mengalami gangguan hidung tersumbat sebaiknya posisi tidur anda yaitu kepala berada pada posisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan dada. Hal ini dapat anda lakukan dengan menambahkan bantal, mungkin hingga 2 bantal sehingga posisi kepala anda agak terangkat dan penting untuk anda perhatikan bahwa jangan tidur dengan posisi miring, usahakan untuk berbaring tengadah sehingga hal ini dapat menghambat pembentukan lendir.

  • Hindari penyebab alergi

Untuk cara yang kedua ini memang sudah seharusnya anda lakukan. misalnya jika anda alergi terhadap dingin, jangan menyalakan kipas angin atau AC ketika anda tidur karena hal ini tentunya akan semakin membuat anda tersiksa. Usahakan agar tubuh anda selalu hangat dan hal ini akan mengurangi terjadinya pembentukan lendir di rongga hidung anda.

Selain dengan kedua cara di atas, anda dapat melakukannya dengan menyediakan aroma terapi yang dapat membantu melegakan saluran nafas anda. Misalnya dengan menyediakan minyak kayu putih atau mentol yang senantiasa anda hirup sehingga saluran pernafasan anda pun akan lebih lega. Selain itu, anda pun dapat minum air hangat di mana hal ini pun juga dapat menghambat pembentukan lendir dan tentunya juga melegakan saluran nafas anda.

Itulah beberapa uraian yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda khususnya yang sering mengalami hidung tersumbat saat tidur dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top