Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

. Sistem pertahanan tubuh pada anak masih dapat dikatakan rentan. Tubuh mereka yang mulai aktif tentunya membutuhkan berbagai cara yang mampu melindungi sistem pertahanan tubuh. Banyaknya bibit penyakit yang datang dari luar terkadang bisa dengan mudah menyerang tubuh mereka yang sistem pertahanannya masih perlu ditingkatkan. Untuk itu, perlu adanya peningkatan sistem imunitas pada tubuh anak. Apa saja kira-kira tips meningkatkan daya tahan tubuh anak? Berikut ini dapat Anda simak tips-tipsnya.

Tips-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-anak

Tips meningkatkan daya tahan tubuh anak bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa tips yang aman untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak, yakni :

  • Pemberian ASI (Air Susu Ibu)

Bagi Anda yang memiliki anak berusia 0-2 tahun dan masih minum ASI, adalah hal yang tepat untuk memberikan ASI sebagai dukungan penting bagi sistem kekebalan tubuh. ASI juga mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai serangan penyakit. Tak diragukan lagi bahwa ASI adalah salah satu komponen yang tepat dalam hal mengembangkan sistem imunitas tubuh, khususnya pada anak-anak di bawah tiga tahun.

  • Memperbolehkan Anak Bermain di Tanah

Karena berani kotor itu baik, maka sesekali Anda bisa membiarkan anak-anak Anda untuk bermain di tanah. Hal ini perlu dilakukan agar perkembangan sistem imunitas pada tubuh si anak bisa berkembang dengan optimal. Berkebun, berternak, juga melakukan kreativitas lainnya di tanah bisa memberikan penguatan terhadap sistem kekebalan tubuh mereka.

  • Tidur yang Cukup

Tidur cukup adalah salah satu bagian dari pola hidup sehat. Bahkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tidur yang cukup adalah hal yang penting untuk dilakukan, terlebih pada anak yang seringkali bergerak aktif di berbagai lingkungan.

  • Minum Yogurt

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata yogurt juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk memberikan kekebalan pada tubuh anak. Yogurt dapat mencegah diare, melancarkan pencernaan, serta membunuh sel kanker.

  • Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur menjadi senjata yang teramat ampuh dalam proses meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh. Berbagai kandungan gizi pada buah dan sayur tentunya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

Itu tadi beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh anak yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top