Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Anak adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai orang tua kita wajib merawatnya termasuk juga merawat kesehatan badannya. Dengan cuaca yang tidak menentu saat ini, tentu saja gejala penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh anak-anak. Sehingga, sebagai orang tua, anda harus lebih memperhatikan buah hati anda. Jangan sampai kondisi fisik mereka tidak stabil sehingga memudahkan virus penyakit menjangkit tumbuh.

tips-menjaga-kesehatan-anak

Menjaga kesehatan anak memang sangat penting. Di bawah ini adalah cara yang mudah untuk menjaga kesehatan buah hati anda, yaitu :

  • Pola makan

Pola makan yang dimaksud di sini adalah kebutuhan vitamin, nutrisi dan lainnya tercukupi. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan anak anda makanan 4 sehat 5 sempurna. Tidak hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi buah hati anda setiap harinya. Pastikan bahwa porsi makan tersebut ideal dan pas.

  • Menjaga kebersihan

Dalam kondisi kotor, bibit penyakit dan kuman akan lebih cepat menyebar dan berkembang biak. Untuk itulah,  sebagai orang tua anda harus menjaga kebersihan buah hati anda, antara lain:

  1. Menjaga kebersihan kuku
  2. Menjaga kebersihan gigi
  3. Menjaga kebersihan pakaian, dan lain-lain
  • Beristirahat dengan cukup

Istirahat adalah proses untuk meringangkan beban otak. Istirahat menjadi salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan oleh manusia, terutama anak-anak. Pasalnya, pertumbuhan tubuh anak terjadi saat beristirahat. Pastikanlah bahwa buah hati anda beristirahat setidaknya delapan

  • Cepat bertindak

Dalam hal ini, anda sebagai orang tua harus cepat dalam bertindak jika sang buah hati terserang penyakit seperti batuk, sakit kepala, demam, atau penyakit yang lainnya. Hal ini tentunya akan mencegah penyakit yang lebih parah.

Mengajari sang buah hati untuk menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang mudah. Ajarilah anak anda untuk membiasakan diri menjaga kebersihan mereka seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal-hal seperti itu, maka kesehatan sang buah hati pun akan lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top