Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Tips Merangsang Asi Pada Saat Hamil

Tips Merangsang Asi Pada Saat Hamil

. Merangsang ASI pada saat hamil perlu dilakukan untuk mempersiapkan ASI bagi buah hati anda. Hal ini dikarenakan sering terjadi, dimana setelah proses persalinan, ASI tidak mau keluar dengan lancar sehingga asupan untuk bayi anda harus diberi tambahan susu formula. Tentu anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Menyiapkan kesehatan ibu saat hamil memang penting agar bayi anda dapat lahir dengan sehat dan selamat. Namun mempersiapkan ASI sebagai asupan bayi anda saat anda hamil tidak ada ruginya.

merangsang-asi-pada-saat-hamil

Keluarnya ASI setelah melahirkan bukanlah semata-mata begitu saja. Banyak yang beranggapan bahwa setelah melahirkan ASI akan keluar begitu saja. Faktanya banyak ibu yang setelah melahirkan justru mengeluarkan sedikit ASI. Merangsang ASI pada saat hamil perlu dilakukan dengan merangsang payudara agar saat melahirkan kelak, ASI dapat keluar dengan lancar. Berikut beberapa cara dan tips untuk merangsang ASI pada saat bunda sedang hamil sehingga ASI anda dapat keluar dengan lancar.

  • Asupan saat hamil

Asupan yang cukup, bergizi dan sehat saat hamil dapat menentukan kualitas  dan  produksi ASI pada ibu hamil. Kebutuhan nutrisi yang masuk mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi serta secara tidak langsung akan ASI yang dihasilkan.

  • Melakukan terapi pijat payudara

Saat setelah melahirkan, ASI akan keluar karena rangsangan mulut bayi. Namun anda dapat merangsang ASI anda dengan melakukan pijatan pada puting anda. Pijatan dilakukan saat trisemester awal. Pijatan dilakukan dengan gerakan melingkar dari bawah ke atas, dari luar ke dalam. Pijatlah dengan baby oil atau minyak kelapa. Lakukan pijatan ringan setiap harinya selama 10-15 menit.

  • Banyak mengonsumsi daun katuk

Daun katuk dipercaya dapat merangsang ASI pada saat kehamilan dan setelah melahirkan. Daun katuk juga dapat membantu melancarkan ASI. Saat hamil, rajinlah mengonsumsi daun katuk. Kandungan dalam daun katuk cukup lengkap seperti vitamin A, B, C, E, mineral (kalium, zat besi, fosfor) dan protein. Selain mengonsumsi daun katuk, anda juga dapat mengonsumsi bayam, kangkung, dan ikan laut seperti ikan salmon untuk merangsang ASI pada saat hamil.

  • Jangan stres

Stres merupakan faktor utama yang dapat mencegah ASI keluar dengan lancar. Pikiran yang positif dapat merangsang ASI pada saat hamil. Selain itu stres juga dapat mempengaruhi kesehatan anda dan bayi anda.

  • Kompres air hangat

Pada saat hamil dan setelah melahirkan, mengompres puting dengan air hangat mampu untuk merangsang ASI. Air hangat dapat merelaksasikan puting dan menstimulasi ASI.

Demikian Tips yang bisa anda coba, sehingga ASI yang anda keluarkan bisa lancer dan bermanfaat untuk sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top