Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Tips Sehat: Cara Mengatasi Diare Akut Pada Bayi

Tips Sehat: Cara Mengatasi Diare Akut Pada Bayi

. Usia bayi adalah usia yang paling rentan terhadap penyakit. Hal ini karena bayi masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup baik untuk menangkal penyakit. Selain itu, bayi juga belum mampu berbicara, sehingga ketika ia merasa sakit pada salah satu organ tubuhnya, yang bisa ia lakukan hanya menangis. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati betul ketika memberinya makanan. Jika sudah terlanjur sakit, diare misalnya, anda bisa menerapkan cara mengatasi diare akut pada bayi berikut ini.

cara-mengatasi-diare-akut-pada-bayi

  • Beri suplement zinc

Zinc sangat bermanfaat bagi perkembangan anak balita. Kandungan zat di dalam zinc mampu memperbaiki jaringan dan organ tubuh, membuat emosi dan tingkah laku anak menjadi stabil, mencerdaskan otak, serta yang terpenting adalah mampu menangani diare akut.

  • Beri makanan yang mengandung Probiotik

Lactic acid bakteria adalah salah satu jenis bakteri yang baik. Ia sangat bermanfaat bagi pencegahan maupun penyembuhan penyakit diare akut. Hal ini karena bakteri ini mampu mengalahkan dan mengusir virus serta mikroorganisme jahat di dalam usus, yang mana jika dibiarkan tinggal lebih lama ia akan menyebabkan gangguan pencernaan atau diare. Selain itu, jenis bakteri yang disebut juga sebagai probiotik ini mampu memberbaiki antibiotik di dalam tubuh yang rusak akibat penggunaan obat di luar kadar kewajaran.

  • Buatkan oralit

Oralit adalah salah satu jenis obat diare yang terbuat dari bahan-bahan alami di sekitar kita. Bila anda ingin membuatnya sendiri, caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan garam dengan air putih yang hangat, kemudian aduk hingga rata. Kadar meminumkannya pada bayi adalah satu gelas untuk satu hari. Namun, minumkanlah sedikit demi sedikit agar tidak terjadi penolakan dari dalam tubuh bayi itu sendiri. Setelah dua hari meminum ramuan ini, biasanya tubuh bayi akan bereaksi dengan bentuk muntah atau buang air besar dalam bentuk yang tidak cair lagi. Itu artinya ramuan anda sudah manjur.

Itulah 3 tips jitu mengenai cara mengatasi diare akut pada bayi. Bila cara-cara tersebut sudah anda coba namun bayi tak kunjung sembuh, segera konsultasikanlah pada dokter anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top