Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Waktu yang Tepat untuk Bayi Imunisasi Campak

Waktu yang Tepat untuk Bayi Imunisasi Campak | Imunisasi campak pada bayi umur berapa

. Imunisasi campak pada bayi umur berapa? ya itulah pertanyaan yang biasa muncul pada ibu baru atau calon ibu. Sebelum menjawab pertanyaan itu, lebih baik tahu dahulu mengenai tujuan imunisasi campak. Imunisasi campak diberikan untuk mencegah bayi dari penyakit campak atau measles atau morbili. Imunisasi ini diberikan satu kali pada saat bayi berumur 9 bulan. Ada 2 macam vaksin campak yaitu vaksin yang berisi virus campak yang dilemahkan dan vaksin virus campak yang dimatikan. Biasanya yang digunakan ialah vaksin yang berisi virus yang dilemahkan. Imunisasi campak sendiri tidak dianjurkan untuk anak-anak penderita kanker, HIV, TB, anak yang mendapat obat penekan sistem imun dan sebagainya.

Imunisasi-campak-pada bayi-umur-berapa

Dosis yang diberikan biasanya sekitar 0,5 ml vaksin campak yang dilemahkan. Untuk efek sampingnya sendiri ialah biasanya membuat bayi dan anak menjadi demam pada hari ke-5 dan 6 sesudah imunisasi. Untuk sebagian bayi dan anak akan timbul bekas ruam atau bercak-bercak merah yang timbul pada hari ke-7 sampai 10 dan berlangsung sekitar 2 hari. Dari efek samping dari imunisasi campak tersebut, biasanya banyak ibu yang ketakutan melihat bayi dan anaknya sakit demam, ruam dan sebagainya. Setelah menjawab pertanyaan para ibu atau calon ibu mengenai imunisasi campak pada bayi umur berapa, selanjutnya perlu diketahui juga bahwa imunisasi campak itu dilakukan dua kali dan yang kedua ialah saat anak berumur 6 tahun.

Itulah pembahasan untuk para ibu atau calon ibu terhadap pertanyaan imunisasi campak pada bayi umur berapa. Mungkin untuk pemerintah atau rumah sakit, posyandu, dan puskesmas harus lebih giat lagi memberitahukan tentang pentingnya imunisasi campak agar tidak ada lagi para ibu dan calon ibu yang tidak tahu-menahu tentang imunisasi atau khususnya imunisasi campak. Dan juga untuk menghindari kelalaian para ibu dan calon ibu atas imunisasi campak bagi anak-anak mereka. Mungkin saja bisa melalui pembagian selembaran jadwal imunisasi di rumah sakit, Posyandu, Puskesmas, dan sebagainya. Tidak hanya sekedar jadwal namun juga diberikan keterangan mengenai pentingnya imunisasi khususnya imunisasi campak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya para ibu dan calon ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top