Minuman Isotonik

Minuman Isotonik, Minuman Segar yang Memiliki 3 Manfaat Ini

Tubuh manusia terdiri dari 50 hingga 70% air. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melakukan rehidrasi segera setelah berolahraga. Apakah kamu sudah minum dengan asupan yang cukup setiap harinya atau bahkan setelah sesi olahraga?

 

Bahkan dehidrasi 2% saja akan mempengaruhi kinerja fisik kamu.Untuk orang normal, gejala dehidrasi yang paling umum adalah rasa haus, kelelahan, kelemahan otot, sakit kepala, dan kram otot.

 

Dehidrasi terjadi ketika kamu menggunakan atau kehilangan lebih banyak cairan daripada yang kamu konsumsi, dan tubuh kamu tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normalnya. Jika kamu tidak mengganti cairan yang hilang, kamu akan mengalami dehidrasi.

 

Itulah mengapa penting untuk diingat untuk minum sebelum kamu haus! Kamu juga harus terhidrasi dengan baik sebelum mulai berolahraga.

 

Salah satu solusi efektif untuk Kamu adalah dengan mengonsumsi minuman segar seperti minuman isotonik. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

 

  1. Mengganti Elektrolit

Salah satu manfaat dari mengonsumsi minuman segar yang mengandung elektrolit dibandingkan air adalah kandungan pengganti elektrolitnya. Saat kita berkeringat, kita cenderung kehilangan elektrolit seperti natrium, kalium, fosfat, kalsium, magnesium, dan klorin.

 

Jika kamu adalah seseorang yang terus-menerus berkeringat tanpa alasan (terutama kamu yang tinggal di daerah tropis) dan akhirnya berkeringat lebih banyak selama sesi latihan, kadar elektrolitmu sangat mungkin turun  Mengganti cairan yang hilang hanya dengan air biasa biasanya tidak banyak membantu, jadi mengganti dengan elektrolit adalah pilihan terbaik.

 

Cairan dan elektrolit sama-sama penting agar sel, organ, dan sistem tubuh kita berfungsi dengan baik. Elektrolit adalah mineral dan senyawa bermuatan listrik yang membantu tubuh kamu melakukan banyak pekerjaan – menghasilkan energi dan mengontraksikan otot kamu,

 

Natrium, klorida, kalium dan kalsium adalah semua jenis elektrolit. Kita mendapatkannya dari apa yang kita makan dan minum. Kadar elektrolit diukur dalam tes darah, dan kadarnya harus tetap dalam kisaran yang cukup kecil, atau masalah serius dapat muncul.

 

Sebetulnya pada umumnya air putih biasa pun sudah mengandung elektrolit yang cukup untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat tubuh memerlukan asupan elektrolit tambahan yang bisa didapatkan melalui minuman isotonik.

 

Misalnya, setelah kamu menjalani sebuah sesi berolahraga dengan durasi lebih dari satu jam pada intensitas berat atau cuaca cukup panas, kamu perlu mengganti elektrolit yang hilang melalui keringat dengan mengonsumsi minuman isotonik yang mengandung elektrolit lebih.

 

Minuman segar ini bermanfaat untuk mengembalikan kadar air dan elektrolit dalam tubuh. Tak hanya itu, sebagian minuman isotonik untuk olahraga juga sudah ditambahkan gula sehingga tubuh bisa memperoleh energi tambahan. (1)

 

Selain manfaat di atas, minuman isotonik yang mengandung elektrolit sendiri memiliki berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

 

  • Mengatur kadar cairan dalam plasma darah dan tubuh kamu.
  • Jaga pH (asam / basa) darah kamu dalam kisaran normal (7,35-7,45, sedikit basa).
  • Aktifkan kontraksi otot, termasuk detak jantung kamu.
  • Mengirimkan sinyal saraf dari jantung, otot dan sel saraf ke sel lain.
  • Membantu darah membeku.
  • Membantu membangun jaringan baru.

 

2. Menjaga Hidrasi Tubuh

Keuntungan besar lainnya dari minuman isotonik adalah membantu mengganti cairan yang hilang, yang sangat penting khususnya bagi atlit yang memiliki daya tahan.

 

Selain itu, beberapa orang tidak terlalu suka minum air putih selama olahraga dan mungkin lebih mudah memenuhi kebutuhan cairan mereka yang meningkat jika mereka minum minuman segar beraroma.

 

Banyak konsumsi minuman segar ini tergantung pada intensitas latihan dan seberapa banyak kamu berkeringat, kamu mungkin membutuhkan lebih dari satu minuman isotonik. Sebagai contoh, biasa pada saat latihan renang normal yang berlangsung sekitar dua jam kerja yang intens, kamu dapat mengonsumsi setidaknya satu botol minuman segar untuk olahraga. (2)

 

3. Menjaga Keseimbangan Air dan Garam dalam Tubuh

Di antara banyak manfaat minuman isotonik, yang paling menonjol adalah menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Ini karena peranan zat elektrolit, yang terdiri dari sodium, potasium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, fosfat dan sulfat.

 

Sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah kampus di Skotlandia menyatakan bahwa atlet yang berada di bawah hidrasi isotonik menunjukkan latihan intensitas tinggi yang lebih konsisten. Di samping itu, aktivitas stop-start mereka juga meningkat sebesar 24%.

 

Sedangkan, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1998 di International Journal of Sports Medicine membandingkan minuman berkafein, air mineral natrium rendah, dan larutan elektrolit untuk mengetahui pengaruhnya pada pengendara sepeda.

 

Hasilnya, relawan yang diberi minuman isotonik mengeluarkan keringat lebih sedikit, dan memiliki intensitas buang air kecil yang lebih jarang selama olahraga. (2)

 

Supaya bisa mendapatkan minuman segar  berisotonik terbaik kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi Mizone! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal bantu badan siap lanjut dari satu aktivitas ke aktivitas selanjutnya! Jadi tubuh jadi bugar dan sehat, kamu juga bisa jalani berbagai rutinitasmu dengan lebih nyaman dan lancar!

 

Source:

  1. https://www.bikingreviews.com/articles/health-benefits-of-isotonic-drinks/
  2. https://www.diabetes.co.uk/sports-drinks.html